Tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Begini Antusiasme Jemaah Kloter Pertama DKI

Selasa, 23 Mei 2023 - 11:39 WIB
loading...
Tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Begini Antusiasme Jemaah Kloter Pertama DKI
Ratusan jemaah haji kloter pertama telah tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Makasar, Jakarta Timur pada Selasa (23/5/2023). Foto: MPI/M Farhan
A A A
JAKARTA - Ratusan jemaah haji kloter pertama telah tiba di Asrama Haji Pondok Gede, Makasar, Jakarta Timur pada Selasa (23/5/2023) pagi. Total 393 jemaah haji beserta petugas dari Kementerian Agama asal DKI Jakarta tersebut tiba pada pukul 08.00 WIB.

Salah satu jemaah haji asal Cilandak, Ghozali (56) mengungkapkan rasa antusiasnya yang bisa berangkat melaksanakan rukun Islam kelima tersebut. Ia mengaku sudah menunggu 11 tahun sejak mendaftar di tahun 2012.

”Alhamdulillah senang sekali, bagaimanapun ketika kita membayar Rp25 juta di tahun 2012, saya sudah menunggu 11 tahun karena sempat ditunda di Pandemi 2020. Luar biasa rasanya karena sudah menunggu lama,” kata Ghazali, Selasa (23/5/2023).



Meski mengantre sudah lama, Ghozali mengaku tidak keberatan lantaran sudah menjadi ketentuan dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Namun, ia mengimbau kepada masyarakat untuk menyegerakan untuk mendaftar ibadah haji.

”Kabarnya kalau mendaftar di tahun sekarang, otomatis daftar tunggunya akan semakin panjang (lama). Jadi saya mengimbau teman-teman calon jamaah haji untuk tetap bersabar,” jelas Ghozali dengan raut muka semringah.



Jamaah haji perempuan, Linda Marni (44) dan Yurnalis (51) mengatakan telah siap untuk berangkat haji untuk pengalaman pertama kalinya. ”Aduh senang sekali rasanya, sudah terbayang seperti berada di tanah suci Makkah sekarang,” ujar Yurnalis gembira.

”Saya juga senang banget berangkat juga akhirnya tahun ini,” tambah Linda.

Terkait keinginan yang ingin dicapai ketika beribadah haji di tanah suci Makkah, mereka berdua sudah tak sabar ingin segera menunaikan ibadah tersebut.



”Pokoknya semua tahapan ibadah haji, segala-galanya semoga tertuntaskan. Cium Hajar Aswad dan lainnya,” ujar Yurnalis.

Sekadar informasi, total jamaah haji asal DKI Jakarta ini tercatat sejumlah 393 orang. Meski demikian, jamaah haji dari wilayahnya lainnya juga akan berdatangan pada hari ini.

Selain 393 orang asal DKI, kloter 2 asal Ibu Kota tercatat 393 orang akan menyusul. Kemudian kloter 3 asal Banten yang akan datang ke Asrama Haji Pondok Gede berjumlah 393 orang. Terakhir, kloter 4 asal DKI Jakarta berjumlah 374 orang.
(ams)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)