Politikus Partai Perindo Imbau Calon Haji Jaga Kesantunan sebagai Ciri Khas Indonesia

Rabu, 24 Mei 2023 - 21:05 WIB
loading...
Politikus Partai Perindo Imbau Calon Haji Jaga Kesantunan sebagai Ciri Khas Indonesia
Ketua Bidang Keagamaan DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Abdul Khaliq Ahmad mengimbau calon jemaah haji (calhaj) Indonesia untuk senantiasa menjaga kesantunan selama proses pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Bidang Keagamaan DPP Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ) Abdul Khaliq Ahmad mengimbau calon jemaah haji (calhaj) Indonesia untuk senantiasa menjaga kesantunan selama proses pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci. Hal itu ia sampaikan terkait pemberangkatan kloter pertama calhaj Embarkasi Pondok Gede pada Rabu (24/5/2023) dini hari.

Pada pemberangkatan pertama ini, sebanyak 393 orang jemaah diterbangkan melalui Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. "Harapan kita adalah jemaah haji Indonesia tetap menjaga kesantunan, menjaga akhlak yang baik, sehingga dengan begitu, maka jemaah haji Indonesia akan dikenal sebagai jemaah haji yang patuh pada aturan-aturan di Tanah Suci," kata Khaliq, Rabu (24/5/2023).

Kemudian termasuk juga mematuhi larangan-larangan yang diterapkan oleh pemerintah Arab Saudi terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji. "Ciri khas haji Indonesia yang dikenal santun, kemudian sangat toleran itu perlu menjadi karakteristik dari para haji kita yang berangkat tahun ini," ujarnya.





Abdul Khaliq Ahmad yang merupakan bacaleg DPR RI dari Partai Perindo Dapil Jawa Barat II (Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat) itu menyatakan tindakan tersebut juga akan memiliki manfaat bagi para jemaah. Menurutnya, dengan berperilaku santun akan memberikan kenyamanan dan khusyuk selama melaksanakan rukun Islam kelima itu.

"Sekiranya ada ibadah yang harus melakukan proses perjalanan dengan berdesakan misalnya, ya sebaiknya kita mengalah saja karena sebagai jemaah haji tentu kita tidak boleh saling menyakiti," ujar politisi Partai Perindo yang dikenal peduli rakyat kecil, gigih memperjuangkan penciptaan lapangan kerja, dan Indonesia sejahtera itu.
(rca)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2517 seconds (0.1#10.140)