Doa Pulang Haji 2023 untuk Jemaah Haji yang Kembali ke Rumah

Rabu, 24 Mei 2023 - 16:11 WIB
loading...
Doa Pulang Haji 2023 untuk Jemaah Haji yang Kembali ke Rumah
Jemaah Haji sebelum tiba di rumah dianjurkan melaksanakan sholat sunnah lagi dua rakaat sebagai bentuk wujud syukur. Foto/dok kabarmakkah.
A A A
Doa pulang haji untuk jemaah Haji sangat dianjurkan diamalkan ketika kembali ke rumah. Sebelum tiba di rumah, jemaah haji disunnahkan mencari masjid atau musalla untuk melakukan sholat sunnah 2 rakaat.

Kemudian, ketika sampai di rumah juga dianjurkan melaksanakan sholat sunnah lagi dua rakaat. Setelah itu berdoa dan bersyukur kepada Allah. Di Indonesia, biasanya wujud rasa syukur ini dibuat acara khusus dengan mengundang tetangga dan sanak saudara untuk menikmati hidangan, air Zamzam dan oleh-oleh lainnya.

Berikut Doa Pulang Haji 2023 untuk Jemaah Haji:

1. Membaca Zikir Tahlil Berikut

لاَ إلهَ إلاّ الله وَحدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الملكُ وَلَهُ الحمدُ وَهُوَ عَلَى كُل شَيْءٍ قدير، آيِبُونَ تَائِبُونَ عَابِدُونَ لِرَبّنَا حَامِدُونَ، صدَقَ الله وَعْدَه وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الأحْزَابَ وَحْدَه

Laa ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa 'ala kulli syai'in qadiir, Aayibuna, taa'ibuun, 'Aabidun, saajidun li Rabbina haamiduun, shadaqallohu wa'dahu, wa nashara 'abdah, wa hazamal ahzaaba wahdah.

Artinya: "Tidak ada Tuhan selain Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya, segala puji untuk-Nya, Dialah Tuhan yang Maha Mampu atas segalanya. (Kami) pulang dalam keadaan bertaubat, beribadah, bersujud kepada Tuhan kami, dan dalam keadaan memuji. Maha benar Allah atas janji-Nya. Dia menolong hamba-Nya dan memporak-porandakan pasukan musuh."

2. Membaca Doa Berikut

اللهم اجْعَلْ حَجَّنَا حَجًّا مَبْرُوْرًا، وَعُمْرَةَنَا عُمْرَةً مَبْرُوْرًا، وَسَعْيَنَا سَعْيًا مَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَا ذَنْبًا مَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَا عَمَلًا صَالِحًا مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَةَنَا تِجَارَةً لَنْ تَبُوْرَ، يَا عَالِمَ مَا فِى الصُّدُوْرِ أَخْرِجْنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ

Allahummaj'al hajjana hajjan mabruura, wa 'umratana 'umratan mabruura, wasa'yanaa sa'yan masykuuraa, wa dzanbana dzanban maghfuura, wa 'amalanaa 'amalan shaalihan maqbuulaa, wa tijaaratana lan tabuura Yaa 'aalima maa fish-shudur akhrijnaa minazh zhulumaati ilan nuur.

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah haji kami haji yang mabrur (baik dan diterima), umrah kami umrah yang mabrur, sa'i kami sa'i yang disyukuri, dosa kami dosa yang diampuni, amal kami amal shaleh yang diterima dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi, wahai Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang ada dalam dada, keluarkanlah kami dari kezaliman menuju cahaya (keimanan)."

3. Mendoakan Keluarga dan Orang-orang yang Menyambutnya
Jamaah haji disunnahkan mendoakan keluarga dan orang-orang yang menyambutnya agar diberi ampunan dosa. Berikut redaksinya disebutkan Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Azkar.

تَوْبًا تَوْبًا، لِرَبِّنَا أَوْبًا، لَا يُغَادِرُ حُوْبًا

Tauban, tauban, li Rabbina awban, laa yughoodiru huban.

Artinya: "Kami sungguh memohon pertobatan. Kepada Tuhan kami, kami kembali, tobat yang tidak menyisakan dosa."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)