Jabal Ikmah Al-Ula Arab Saudi Masuk Daftar Memori Dunia UNESCO

Kamis, 25 Mei 2023 - 09:07 WIB
loading...
Jabal Ikmah Al-Ula Arab Saudi Masuk Daftar Memori Dunia UNESCO
Konsentrasi prasasti terbesar terlindung di ngarai Jabal Ikmah. Foto/Ilustrasi: arab news
A A A
UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) memasukkah Jabal Ikmah Al-Ula, Arab Saudi, dalam Daftar Memori Dunia atau Memory of the World Register.

"Upaya Royal Commission for Al-Ula (RCU) untuk melestarikan warisan kawasan ini telah diakui," lapor Arab News, Rabu 24 Mei 2023.

RCU telah banyak berinvestasi dalam studi dan konservasi situs seperti Jabal Ikmah – yang digambarkan sebagai “perpustakaan terbuka” yang terletak di museum hidup terbesar di dunia – kata sebuah pernyataan media pada hari Rabu.



Upaya untuk meningkatkan pemahaman dunia tentang situs tersebut, sambil meningkatkan akses pengunjung secara berkelanjutan, telah berkontribusi pada penegasan publik oleh UNESCO tentang besarnya dan pentingnya warisan dokumenter AlUla secara internasional.
Jabal Ikmah Al-Ula Arab Saudi Masuk Daftar Memori Dunia UNESCO

Jose Ignacio Gallego Revilla, direktur eksekutif penelitian arkeologi dan warisan komisi tersebut, mengatakan pentingnya prasasti situs tersebut melampaui batas wilayah untuk mencapai tingkat relevansi global, khususnya sebagai bagian dari evolusi bahasa dan dialek Arab Kuno.

Dia berkata: “Keaslian dan integritas mereka, baik untuk informasi yang dilestarikan tentang masyarakat kuno maupun konservasi situs, menyatukan hal-hal penting yang menjadikan tempat ini unik untuk Memori Dunia sebagai catatan waktu yang hilang melalui jumlah terbesar prasasti dalam aksara Arab Utara kuno.”

Gunung yang spektakuler dan ngarai batu pasirnya menampilkan 450 prasasti pahatan yang signifikan secara historis, yang sebagian besar berasal dari paruh kedua milenium pertama SM.

Situs ini menampilkan koleksi prasasti terbesar yang merekam ritual keagamaan Kerajaan Dadanit kuno, aktivitas sehari-hari, dan hubungan dengan masyarakat sekitar.

Sebagai persimpangan rute dupa dan ziarah, oasis AlUla adalah pusat pertukaran komersial dan budaya. Itu menampung pedagang mur, kemenyan, dan komoditas berharga lainnya. Kekayaan budaya ini mendorong tumbuhnya permukiman, termasuk Dadan.



Kerajaan Dadanit berkembang dan mengembangkan bentuk alfabetnya sendiri dari sistem penulisan Semit Selatan. Orang Dadan kemudian mencatat sejarah mereka melalui petroglif yang diukir di batu pasir merah dan kuning AlUla yang landai.

Konsentrasi prasasti terbesar terlindung di ngarai Jabal Ikmah, yang merupakan ciri lanskap bergerigi Al-Ula yang dibentuk oleh gerakan tektonik yang berasal dari pembukaan Laut Merah 30 juta tahun yang lalu.

Banyak prasasti Jabal Ikmah yang mencerminkan berbagai subjek seperti ritual, raja, hewan, dan pertanian, kunci kisah masa lalu Al Ula.

Konservasi landmark tersebut merupakan inti dari visi RCU untuk masa depan Al-Ula, yang menekankan warisan budaya kawasan sebagai mercusuar untuk pariwisata dan batu loncatan untuk inovasi dan manfaat ekonomi yang meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)