Apakah Sah Wudu Sambil Telanjang? Ini Penjelasannya

Sabtu, 03 Juni 2023 - 22:28 WIB
loading...
Apakah Sah Wudu Sambil Telanjang? Ini Penjelasannya
Para ulama membolehkan wudu dalam keadaan telanjang atau bugil, namun lebih afdhol menutup aurat karena termasuk adab dalam berwudhu. Foto/ilustrasi
A A A
Hukum berwudu dengan keadaan telanjang perlu dipahami kaum muslim. Hal ini termasuk masalah fiqih dalam bab thaharah atau bersuci.

Apakah sah wudhu sambil telanjang? Ustaz Farid Nu'man Hasan dalam satu kajiannya meneranglan beberapa keterangan yang dinukil dari Hadis dan fatwa ulama. Berikut penjelasannya:

Kata Syaikh Abdullah Al-Faqih:

فوضوء الشخص وهو عارٍ في الحمام ولا أحد معه جائز وصحيح لكن الأفضل تركه لأن خلع الملابس لا ينبغي أن يكون إلا في وقت الحاجة إليه كما يكون في أثناء الغسل فقد روى الترمذي وأبو داود وأحمد عن معاوية بن حيدة أنه سأل رسول الله صلى الله عليه وسلم قَالَ: “قُلْتُ يَا رَسُولُ الله عَوْرَاتُنَا مَا نَأْتِي مِنْهَا وَمَا نَذَرُ؟ قالَ: “احْفَظْ عَوْرَتَكَ إِلاّ مِنْ زَوْجَتِكَ أَوْ مما مَلَكَتْ يَمينُكَ”، فَقَالَ: الرّجُلُ يَكُونُ مَعَ الرّجُلِ؟ قالَ: “إن اسْتَطَعْتَ أَنْ لاَ يَرَاهَا أَحَدٌ فَافْعَلْ”، قلت: فالرّجُلُ يَكُونُ خَالِياً، قالَ: “فَالله أَحقّ أَنْ يستحيا مِنْهُ”. قال الترمذي حسن

"Wudhu seseorang dalam keadaan bugil (telanjang) di kamar mandi dan tidak ada siapa pun bersamanya, itu boleh dan sah. Tetapi lebih utama meninggalkannya, sebab melepaskan pakaian tidak pantas dilakukan kecuali ada keperluan seperti saat mandi."

"Imam At-Tirmidzi, Imam Abu Dawud, Imam Ahmad, meriwayatkan dari Mu'awiyah bin Haidah, dia bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam: "Wahai Rasulullah, manakah aurat kami yang harus kami tutupi dan yang kami biarkan terbuka?" Beliau menjawab: "Jagalah auratmu kecuali dari istrimu atau budakmu."

Aku bertanya: "Wahai Rasulullah, bila dengan sejenis?" Beliau menjawab: "Bila kau mampu agar tidak ada seorang pun yang melihatnya, maka jangan sampai ia melihatnya." Aku berkata: "Wahai Rasulullah, bila salah seorang dari kami sendirian?"

Beliau menjawab: "Hendaknya ia lebih layak untuk malu kepada Allah daripada kepada manusia." (HR At-Tirmidzi, Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyah 3762)

Az-Zarkasyi dalam Kitabnya Nihayatul Muhtaj menerangkan tentang aurat ketika berwudhu. Aurat yang harus tertutup ketika dalam keadaan sendiri atau khalwat maka bagi laki-laki cukup dua kemaluan saja yaitu qubul dan dubur. Sedangkan aurat yang harus tertutup bagi perempuan adalah dari pusar sampai dengan lutut.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2319 seconds (0.1#10.140)