Membaca Surat Al-Hasyr Ayat 10, Doa Agar Dijauhkan dari Sifat Dengki

Rabu, 07 Juni 2023 - 13:01 WIB
loading...
Membaca Surat Al-Hasyr Ayat 10, Doa Agar Dijauhkan dari Sifat Dengki
Dengki adalah salah satu perbuatan tercela dan termasuk maksiat. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Dengki adalah salah satu perbuatan tercela dan termasuk maksiat . Memiliki rasa dengki tidaklah dibenarkan dan memang terkadang tidak bisa dihindari dari hati manusia. Sudah sepantasnyalah kita memohon kepada Allah agar dijauhkan dari rasa dengki dengan cara berdoa yang diambil dari ayat Al-Quran berupa surat al-Hasyr ayat 10:

رَبَّنَا ٱغۡفِرۡ لَنَا وَلِإِخۡوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلۡإِيمَٰنِ وَلَا تَجۡعَلۡ فِي قُلُوبِنَا غِلّٗا لِّلَّذِينَ ءَامَنُواْ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٞ رَّحِيمٌ


Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang

Ibnu Katsir dalam "Tafsir al-Quran al-Adzim" mengatakan, doa ini mulanya dipanjatkan oleh orang-orang yang berhak mendapatkan harta rampasan perang karena termasuk golongan orang-orang fakir. Mereka lalu mendoakan kebaikan untuk saudara-saudaranya dalam keadaan sembunyi dan terang-terangan.

Akan tetapi doa ini juga bisa kita lafazkan demi melindungi hati agar terhindar dari rasa dengki kepada orang lain karena mendapatkan nikmat yang tidak kita dapatkan atau sebab lainnya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1991 seconds (0.1#10.140)