Rahasia Terkabulnya Doa dalam Al-Qur'an Al-Karim

loading...
Rahasia Terkabulnya Doa dalam Al-Quran Al-Karim
Doa merupakan senjata orang mukmin, pilar agama dan cahaya langit dan bumi. Foto ilustrasi/Ist
Doa adalah intisari ibadah. Doa juga merupakan senjata orang mukmin, pilar agama dan cahaya langit dan bumi. Allah Ta'ala memerintahkan kita berdoa dan meminta hanya kepada-Nya dan berjanji akan mengabulkannya.

"Dan Tuhanmu berfirman, 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." (QS Al-Ghafir: Ayat 60). (Baca Juga: Hakikat Doa dan Rahasia Pengabulannya)

Berikut rahasia terkabulnya doa-doa para Nabi yang diabadikan dalam Al-Qur'an Al-Karim sebagaimana disampaikan Ustaz Muchlis Al-Mughni (Dai lulusan Al-Azhar Mesir) dalam tausiyah singkatnya.

"Maka Kami pun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah." (QS. Al Anbiyaa: 84)



Dikabulkannya doa Nabi Ayyub 'alaihissalam merupakan rahmat Allah dan menjadi pelajaran untuk orang-orang yang menjaga semangat ibadahnya seperti Nabi Ayyub yang ahli ibadah.

Rahasia dan kunci terkabulnya doa Nabi Ayyub adalah kesabaran dan adabnya yang santun dalam berdoa kepada Allah: "(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang." 

"Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya daripada kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman." (QS. Al Anbiyaa': Ayat 88)

Janji Allah mengabulkan doa ini tidak terbatas kepada Nabi Yunus saja tetapi juga semua orang-orang beriman. Rahasia dan kunci terkabulnya doa Nabi Yunus 'alaihissalam ini adalah karena isi doanya yang disinggung oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam (SAW):"Itulah doa yang paling utama, karena pembukaannya adalah tauhid, tengahnya adalah tasbih dan akhirnya adalah istighfar". (Baca Juga: Penyebab Doa Tidak Dikabulkan)



Inilah doa Nabi Yunus:
لا إلهَ إلا أنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظّالِمِيْنَ


"Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."

Janji terkabulnya doa kita terkadang jika sudah sampai pada puncak kesulitan dan tertutup semua pintu harapan dan pertolongan agar kita sadar bahwa Dialah Allah yang mengabulkan doa kita dalam kondisi seperti itu. Demikian rahasianya terkabulnya doa, semoga kita dikarunia kesabaran dan adab yang tinggi dalam berdoa. (Baca Juga: Ingin Doa Dikabulkan? Lakukan Amalan Ini)

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
cover top ayah
فَقَالُوۡا عَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلۡنَا‌ ۚ رَبَّنَا لَا تَجۡعَلۡنَا فِتۡنَةً لِّـلۡقَوۡمِ الظّٰلِمِيۡنَۙ‏
Lalu mereka berkata, Kepada Allah-lah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zhalim,

(QS. Yunus:85)
cover bottom ayah
preload video