Begini Cara Spanyol Merayakan Penaklukan Kembali Iberia dari Pasukan Muslim

Sabtu, 10 Juni 2023 - 07:57 WIB
loading...
A A A


Penyelenggara menyangkal ini rasis dan bersikeras riasan hanya digunakan untuk menggambarkan orang Afrika yang tinggal di dalam kerajaan Arab.

Pedro Serrano, presiden penyelenggara festival Moor dan Kristen di Elda, mengatakan meskipun riasan wajah hitam, festival itu "inklusif".

“Kami menyambut baik seluruh lapisan masyarakat. Riasan ini hanya digunakan untuk mencerminkan orang kulit hitam yang merupakan bagian dari komunitas Moor,” katanya kepada Al Jazeera.

Anggota yang lebih muda dari komunitas Muslim kecil ambil bagian dalam pawai.

Aziz Masdour, yang mengelola toko daging Annor Halal di Elda, mengatakan umat Islam di kota itu tidak tersinggung dengan penggunaan istilah moro.

“Bagi kami, ini adalah festival. Semua orang bersenang-senang dan datang ke toko saya dan menghabiskan banyak uang. Saya senang,” katanya kepada Al Jazeera.

Tahun lalu, festival di kota Orihuela dekat Alicante dikritik sebagai rasis, karena orang kulit hitam menarik kereta di mana duta besar Moor - atau pemimpinnya - berkulit putih.

Marta Guillen, mantan anggota dewan, mengatakan di Twitter: "Saya tidak percaya apa yang saya lihat di Orihuela."



Reconquista digunakan sebagai perang pembebasan selama kebangkitan nasionalisme Spanyol pada abad ke-19 dan digunakan selama kediktatoran panjang Jenderal Francisco Franco antara tahun 1939 dan 1975 sebagai simbol pembangunan negara Spanyol.

Sekarang, partai sayap kanan Vox, yang terbesar ketiga di parlemen Spanyol, menggunakannya untuk tujuan politik, meminta orang Spanyol untuk menghargai kejayaan masa lalu.

Perang budaya seperti ini mungkin menjadi nyata bagi orang Spanyol modern karena Vox siap menjadi raja dalam pemilihan umum 23 Juli.
Begini Cara Spanyol Merayakan Penaklukan Kembali Iberia dari Pasukan Muslim

Partai Rakyat konservatif yang moderat kemungkinan akan memenangkan suara terbanyak, menurut jajak pendapat yang diterbitkan oleh surat kabar El Pais, tetapi kemungkinan juga perlu membuat perjanjian dengan Vox untuk memerintah.

Kembali ke Elda, masing-masing pihak dibagi menjadi rombongan, termasuk bangsa Moor, Kristen, Maroko, Gipsi, dan Bajak Laut.



Penata rias seperti Rosanna Aroca menghabiskan dua jam sehari mengubah 15 pria menjadi orang Moor dengan wajah merah, putih, dan hitam.

Elda, seperti banyak kota lain di tenggara Spanyol, menghabiskan satu tahun penuh untuk merencanakan pesta ini, yang menurut penyelenggara tidak terlalu mirip dengan pertempuran berdarah di Abad Pertengahan.

Pepe Blanes, sejarawan festival Moor dan Kristen di Elda, mengatakan festival tersebut dimulai di daerah Valencia, Alicante, dan Albacete pada abad ke-19.

“Di zaman Romantisisme abad ke-19, pesta-pesta ini dimulai ketika orang melihat ke masa lalu. Mereka melihat Reconquista tetapi pesta itu tidak ada hubungannya dengan apa yang sebenarnya terjadi selama perang itu,” katanya.

“Sampai kesalahan besar mengusir Muslim setelah 1492, kehidupan di Spanyol adalah hidup bersama antara Kristen dan Muslim.”
Begini Cara Spanyol Merayakan Penaklukan Kembali Iberia dari Pasukan Muslim

Blanes mengakui bahwa terkadang pesta itu kontroversial. "Kata moro bisa jadi tidak sopan terhadap orang-orang dari Afrika Utara atau Maroko, tapi ini tidak terjadi di pesta orang Moor dan Kristen," katanya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2791 seconds (0.1#10.140)