Amalan-Amalan Nabi Muhammad SAW dalam Haji

Minggu, 11 Juni 2023 - 17:45 WIB
loading...
Amalan-Amalan Nabi Muhammad SAW dalam Haji
Mabit (menginap) di Mina pada malam ke sembilan, mabit ini sunnah dan bukan wajib. Foto/Ilustrasi: syaamil quran
A A A
Syaikh Muhammad bin Saleh Al-Munajjid dalam buku yang diterjemahkan Zulfi Askar Lc. berjudul "Manasik Al-haji" menjelaskan amalan-amalan Nabi Muhammad SAW dalam ibadah haji.

Hari kedelapan

Disebut hari Tarwiyah . Nabi Muhammad SAW bertolak dari Makkah menuju Mina, di sana beliau melaksanakan salat dhuhur kemudian ashar, lalu maghrib dan isya dengan mengqasar salat yang empat raka’at tanpa di jama’.

Mabit (menginap) di Mina pada malam ke sembilan, mabit ini sunnah dan bukan wajib.

Hari kesembilan

Hari ini disebut Hari Arafah . Rasulullah SAW melaksanakan salat Subuh di Mina. Tinggal sesaat di sana sampai terbit matahari kemudian berjalan menuju Namirah. Beliau tinggal di sana sampai tergelincirnya matahari –sebelum memasuki dzuhur.

Kemudian pergi ke Arafah, berkhotbah, lalu melaksanakan salat dhuhur dan ashar secara jama’ dan qasar, dengan satu adzan dan dua iqomat.

Beliau tetap tinggal di Arafah sambil berdoa kepada Allah dengan merendah kepada-Nya hingga terbenam matahari.



Pergi ke Muzdalifah , sesampainya di sana langsung melaksanakan salat Maghrib dan Isya dengan satu adzan dan dua iqomah, kemudian beliau berbaring (tidur) hingga terbit fajar.

Setelah itu beliau melaksanakan salat subuh dengan satu adzan dan satu iqomah. Kemudian menaiki untanya yang bernama al-Qoswa hingga sampai di masy’aril haram (suatu tempat di Muzdalifah). Di sana beliau menghadap kiblat, lalu berdo’a, bertakbir, bertahlil dan terus mengesakan Allah. Beliau terus dalam keadaan berdiri hingga langit terlihat berwarna sangat kuning, lalu beliau bertolak sebelum terbit matahari

Hari kesepuluh

Pada hari ini adalah Hari Raya Qurban .

1. Rasulullah SAW melakukan pelemparan jumrah aqabah dengan tujuh buah kerikil, sambil diiringi takbir pada setiap batunya.

2. Menyembelih hewan kurban

3. Mencukur rambut

4. Bertahallul (tahallul kecil) dan menggunakan minyak wangi, kemudian pergi ke Kakbah untuk melaksanakan tawaf ifadhah. Pada saat itu orang-orang yang berhaji tamattu’ ataupun yang belum sa’i setelah tawaf qudum (tawaf kedatangan) ikut sa’i bersama beliau.

5. Setelah itu beliau kembali menuju Mina dan mabit di sana pada malam ke sebelas.



Hari kesebelas
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)