Bertambah 9 Orang, 56 Jemaah Haji Indonesia Wafat di Arab Saudi

Selasa, 13 Juni 2023 - 13:49 WIB
loading...
Bertambah 9 Orang, 56 Jemaah Haji Indonesia Wafat di Arab Saudi
Jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci kembali bertambah 8 orang. Dengan penambahan ini, maka total jemaah haji yang meninggal dunia hingga saat ini sebanyak 56 orang. Foto/Ilustrasi/ANTARA
A A A
JAKARTA - Jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci kembali bertambah 8 orang. Dengan penambahan ini, maka total jemaah haji yang meninggal dunia hingga saat ini sebanyak 56 orang.

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kemenag Akhmad Fauzin mengatakan satu jemaah haji yang wafat di Jeddah yaitu atas nama Suwarni Suraji Miseri asal Kloter Surabaya (SUB) 49. Sementara satu jemaah haji wafat di Madinah atas nama Abdul Karim jumrih asal Kloter Banjarmasin (BDJ) 07.



Kemudian jemaah wafat di Makkah bertambah 7 orang atas nama Ahmad Ibnu Sholah asal Kloter SUB 18, Eman Rugiman Supardi asal Kloter JKG 27, Ishob Aub Kholid asal Kloter JKS 06, Abdul Hakim asal Kloter KNO 05, Suraji Syahdi Sarno Jari asal Kloter SOC 09, Juminah Saprain asal Kloter SUB 05, dan Setyowati Darso Sunarno Kartosutomo asal BPN 01.

"Secara keseluruhan jemaah yang wafat hingga sampai saat ini berjumlah 56 orang. Sesuai ketentuan jemaah haji yang wafat akan dibadal hajikan," ujar Ahmad dalam keterangannya, Selasa (13/6/2023).

Pada kesempatan itu, dia menyampaikan berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu atau Siskohat hingga hari ini jemaah dan petugas yang sudah tiba di Arab Saudi berjumlah 134.461 orang atau 349 kelompok terbang.

"Jemaah dan petugas yang masuk asrama haji hari ini untuk selanjutnya diberangkatkan ke Tanah Suci bejumlah 7.814 orang atau 20 kelompok terbang," tutur dia.

Adapun jumlah jemaah dan petugas yang diberangkatkan hari ini dari Madinah ke Makkah sebanyak 7.428 orang atau 19 kelompok terbang. Serta jemaah haji yang masih berada di Madinah sampai hari ini sebanyak 28.512 orang yang tergabung dalam 75 kelompok terbang.

Terakhir, dia mengimbau kepada para jemaah khususnya jemaah lanjut usia untuk menghemat tenaga dan menjaga kesehatannya dengan baik untuk beribadah khususnya salat lima waktu. Sebab saat ini Suhu di Mekkah saat ini berkisar 31-42 derajat Celcius.



"Bagi jemaah yang akan melaksanakan umrah wajib sebaiknya tidak memaksakan diri langsung umrah wajib tapi istirahat terlebih dahulu di hotel. Jemaah yang tiba di Makkah pada siang dan sore hari bisa mengambil waktu umrah wajib pada malam hari," tutupnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2400 seconds (0.1#10.140)