Keutamaan Surat Al-Ikhlas yang Jarang Diketahui, Ini 7 Fadilahnya

Selasa, 13 Juni 2023 - 18:16 WIB
loading...
A A A
Asma' binti Abu Bakar meriwayatkan bahwa barangsiapa yang selesai sholat Jumat kemudian membaca Al-hamdu, Al-mu'awwidzatain (Al-Falaq dan An-Nas) dan Surat Al-Ikhlas, masing-masing tujuh kali saat masih berada di tempat duduknya, maka ia akan mendapatkan penjagaan (perlindungan) hingga Jumat berikutnya.

6. Wasilah Perlindungan dari Segala Keburukan
Abdullah bin Khubaib meriwayatkan, "Kami pernah keluar rumah di malam yang gelap untuk mencari Rasulullah SAW agar mendoakan kami. Setelah bertemu, beliau berkata, "Bacalah!" Namun aku tidak mengucap apa pun. Lalu baginda Nabi berkata lagi, "Bacalah!" Maka aku bertanya, "Apa yang harus aku baca, wahai Rasulullah?" Rasulullah SAW bersabda: "Bacalah Surat Al-Ikhlas dan Al-Mu'awwidzatain (Al-Falaq dan An-Nas) pada sore dan pagi hari, niscaya ia akan melindungimu dari segala sesuatu." (HR at-Tirmidzi)

7. Ketika Meninggal Akan Disholati Malaikat
Abu Umamah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah didatangi Jibril sewaktu beliau di Tabuk. Jibril berkata, "Wahai Muhammad, saksikanlah jenazah Mu'awiyah bin Mu'awiyah Al-Mazani." Maka, Nabi pun keluar dan turunlah Jibril bersama 70.000 Malaikat. Para Malaikat menghamparkan sayapnya yang sebelah kanan di puncak gunung, hingga gunung itu menjadi rendah. Lalu meletakkan sayapnya yang sebelah kiri di atas dua tanah hingga menjadi rendah pula, sehingga melihat Kota Makkah dan Madinah.

Rasulullah, Jibril, dan para Malaikat lalu menyalati jenazah Mu'awiyah. Setelah itu, Baginda bertanya kepada Jibril, "Wahai Jibril, karena amalan apakah Mu'awiyah memperoleh kedudukan ini?" Jibril menjawab: "Hal itu karena ia senantiasa membaca Surat Al-Ikhlas ketika berdiri, duduk, menaiki kendaraan dan ketika berjalan." (HR At-Thabrani)

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)