Asbabun Nuzul Surat Al-Ikhlas Ayat 1, Yuk Pelajari!

Jum'at, 26 Juli 2024 - 10:26 WIB
loading...
Asbabun Nuzul Surat...
Asbabun nuzul Surat Al-Ikhlas ayat 1 menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Ketika mencoba memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui asal-usul atau sejarah turunnya ayat tersebut. Foto ilustrasi/ist
A A A
Asbabun nuzul Surat Al-Ikhlas ayat 1 menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Ketika mencoba memahaminya, umat Muslim bisa mengetahui asal-usul atau sejarah turunnya ayat tersebut.

Surat Al-Ikhlas merupakan surat ke-112 dalam kitab suci Al-Quran. Terdiri atas 4 ayat, surat ini masuk golongan surat-surat Makkiyah dan diturunkan setelah An Naas.

Dinamakan Al Ikhlas karena surat ini sepenuhnya menegaskan kemurnian keesaan Allah SWT. Pada pembahasan kali ini, akan diulas sebab diturunkannya (asbabun nuzul) Surat Al-Ikhlas ayat 1.

Sebagaimana diterangkan Imam As-Suyuthi dalam buku “Asbabun Nuzul Sebab-sebab Turunnya Ayat Alquran”, berikut ulasannya.

Asbabun Nuzul Surat Al-Ikhlas Ayat 1

قُلۡ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ‌


Latin: Qul huwal laahu ahad

Terjemahan: Katakanlah (Muhammad), "Dialah Allah, Yang Maha Esa.

Sebab turunnya ayat:

At-Tirmidzi, Al-Hakim, dan Ibnu Khuzaimah meriwayatkan dari jalur Abul Aliyah dari Ubay bin Ka'ab bahwa orang-orang musyrik berkata kepada Rasulullah Saw, "Terangkanlah sifat-sifat Tuhanmu". Setelahnya, Allah Swt menurunkan ayat 1 dari Surat Al-Ikhlas "Katakanlah (Muhammad), "Dialah Allah, Yang Maha Esa".

Selain itu, ada juga sumber lain yang menyebutkan hal serupa namun dengan orang yang berbeda.

Ibnu Abi Hatim meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa orang-orang Yahudi datang kepada Nabi Saw. Di antara mereka ada Ka'ab bin Al-Asyraf dan Huyay bin Akhtab. Mereka berseru "Wahai Muhammad, sebutkan sifat-sifat Tuhanmu yang sudah mengutusmu."

Maka Allah Swt pun menurunkan Surat Al-Ikhlas ayat 1, "Katakanlah (Muhammad), "Dialah Allah, Yang Maha Esa", hingga akhir surat.

Demikianlah ulasan mengenai asbabun nuzul Surat Al Ikhlas ayat 1. Semoga bermanfaat.


Wallahu a’lam
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)