Hari Ini, 24 Kloter Jemaah Haji Kuota Tambahan Tiba di Bandara Madinah

Kamis, 15 Juni 2023 - 10:01 WIB
loading...
Hari Ini, 24 Kloter Jemaah Haji Kuota Tambahan Tiba di Bandara Madinah
Jamaah haji Indonesia disambut oleh petugas dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi saat tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah pada musim haji 2022. FOTO/DOK.SINDOnews/ABDUL HAKIM
A A A
JAKARTA - Jemaah haji Indonesia kuota tambahan mulai diterbangkan ke Arab Saudi. Mereka akan tiba di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada Kamis (15/6/2023) pukul 12.45 Waktu Arab Saudi (WAS).

"Mulai besok (hari ini), jemaah haji kuota tambahan akan mulai tiba di Bandara Madinah. Karena traffic di Bandara Jeddah sudah padat, maka untuk kuota tambahan ini diarahkan ke Bandara Madinah," kata Kepala PPIH Daker Bandara, Haryanto, Rabu (14/6/2023).

Jemaah haji kuota tambahan ini akan dibagi menjadi 24 kelompok terbang (Kloter). Namun untuk penerbangan, kemungkinan berjumlah 20 penerbangan. "Untuk flight ada 20. Untuk sisa 4 kloter lainnya kemungkinan akan digabungkan menjadi satu di akhir penerbangan," katanya.



Kedatangan jemaah haji kuota tambahan ini akan berlangsung dari 15-23 Juni 2023. Berbeda dengan gelombang satu dan dua, kedatangan jemaah haji kuota tambahan ini tidak banyak. "Dalam sehari, penerbangan antara satu atau dua penerbangan. Untuk kedatangan terakhir pada 23 Juni 2023 pukul 00.25 WAS," katanya.

Penerimaan jemaah haji kuota tambahan di Bandara AMAA akan berlangsung singkat. Setibanya di bandara, jemaah haji akan menjalani pemeriksaan di migrasi. Setelah itu, jemaah haji kemudian diarahkan untuk langsung menuju bus. "Jadi seperti jalur fast track. Keberadaan mereka di bandara sangat singkat dan langsung menuju bus melalui terminal internasional," katanya.

Para jemaah haji langsung berangkat ke Bir Ali untuk beristirahat dan mengambil miqat. "Di Bir Ali sekitar satu jam untuk istirahat dan mengambil miqat. Selanjutnya, jemaah akan berangkat ke Makkah untuk menjalankan umrah wajib," ucapnya.

(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)