Sejarah Muslim AS: Budak Terdidik yang Rajin Menulis untuk Umat Islam yang Senasib

Minggu, 18 Juni 2023 - 14:46 WIB
loading...
Sejarah Muslim AS: Budak Terdidik yang Rajin Menulis untuk Umat Islam yang Senasib
Sebuah halaman dari sebuah manuskrip oleh Bilali, seorang Muslim dari Guinea [Hargret Rare Book and Manuscript Library, The University of Georgia Libraries/Al-Jazeera)]
A A A
Muslim biasanya dianggap sebagai imigran abad ke-20 ke AS, namun selama lebih dari tiga abad, Muslim Afrika adalah kehadiran yang akrab. Mereka dibesarkan di Senegal, Mali, Guinea, Sierra Leone, Ghana, Benin, dan Nigeria di mana Islam dikenal sejak abad ke-8 dan menyebar pada awal tahun 1000-an.

Setidaknya 900.000 dari 12,5 juta orang Afrika yang dibawa ke Amerika sebagian adalah muslim. Mereka terpelajar, putra pejabat tinggi bahkan ada yang berdarah biru atau seorang pangeran. Mereka dijadikan budak, namun tetap menjalankan kewajiban agamanya. Bahkan di antara mereka terus berdakwah lewat tulisan.

Sejarawan Dr Sylviane A Diouf menulis, sampai saat ini, manuskrip dari Brasil dan Panama hingga Bahama, Trinidad, dan Haiti masih ada. Teks-teks itu ditulis oleh Muslim anonim. Isinya mencakup surah-surah Al-Qur'an , doa, rajah, dan peringatan bagi umat Islam untuk tetap setia kepada agamanya.

"Beberapa lagi terkait dengan pemberontakan Muslim tahun 1835 di Bahia," tulis Cendekiawan Tamu di the Center for the Study of Slavery and Justice di Universitas Brown ini dalam artikelnya berjudul "Muslims in America: A forgotten history" yang dilansir Aljazeera.



Sekitar tahun 1823 Muhammad Kaba Saghanughu, yang ditangkap pada tahun 1777 dalam perjalanannya ke Timbuktu dan dideportasi ke Jamaika, menulis dokumen setebal 50 halaman dalam bahasa Arab.

"Tulisan itu ditujukan kepada kaum muslimin. Isinya adalah panduan tentang salat, pernikahan, dan wudhu," tulisnya.

Dr Sylviane A Diouf yang penulis buku "Servants of Allah: African Muslims Enslaved in the Americas" menyebut kaum Muslim menulis untuk komunitas mereka sendiri, bukan untuk pembaca Barat. "Ini berbeda dengan otobiografi oleh orang-orang yang dulunya diperbudak, termasuk orang Afrika seperti Olaudah Equiano," ujarnya.

Di Amerika Serikat, Bilali menulis dokumen setebal 13 halaman, bagian dari karya abad ke-10 Tunisia Ibn Abu Zayd al-Qairawani. Itu ditulis di atas kertas yang diproduksi di Italia untuk pasar Afrika Utara.

Sylviane A Diouf mengaku tidak mengetahui bagaimana cara Bilali mendapatkan kertas itu.

Salih Bilali adalah seorang budak. Tentang dirinya, sang majikan menulis: “Membaca bahasa Arab, dan memiliki Al-Quran (yang belum saya lihat) dalam bahasa itu, tetapi tidak menulisnya.” Bilali juga menulis dan menyimpan "Kisah perkebunan" dalam Bahasa Arab.

"Penyebutan Al-Quran di perkebunan terpencil ini menimbulkan pertanyaan dari mana mereka mendapatkannya. Mungkin, seperti yang dilakukan para penghafal Quran lainnya di Amerika, mereka menulisnya sendiri," ujar Sylviane A Diouf.



Orang-orang Muslim yang menjadi terkenal hanyalah segelintir orang, tambah Sylviane A Diouf, tetapi banyak orang lain, yang berhasil, tidak disebutkan namanya.

William Brown Hodgson, seorang mantan diplomat yang ditempatkan di Afrika Utara dan seorang pemilik budak, menyatakan pada tahun 1857: "Ada beberapa budak terpelajar Mohammedan yang diimpor ke Amerika Serikat."

Pada tahun 1845, dia memberi tahu Société d'ethnologie Prancis bahwa "seorang pangeran Foulah, bernama Omar, saat ini adalah seorang budak di Amerika Serikat dan akan dapat memperoleh barang-barang berharga untuk pemberitahuan terperinci tentang bangsanya."

Hodgson telah mencoba untuk mendapatkan informasi – mungkin untuk tujuan yang sama – dari Muslim tetapi harus berhenti karena permusuhan pemilik budak.

Demikian pula, Theodore Dwight, sekretaris American Ethnological Society, mengamati pada tahun 1871 bahwa beberapa orang Afrika di berbagai bagian negara melek huruf dan dia telah "memperoleh beberapa informasi dari beberapa dari mereka".

Sayangnya, dia juga menghadapi "kesulitan yang tidak dapat diatasi di negara-negara budak, yang timbul dari kecemburuan para majikan, dan penyebab lainnya."

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2954 seconds (0.1#10.140)