Jemaah Haji Laksanakan Wukuf di Arafah pada 27 Juni

Senin, 19 Juni 2023 - 13:03 WIB
loading...
Jemaah Haji Laksanakan Wukuf di Arafah pada 27 Juni
Jemaah haji akan melaksanakan wukuf pada 27 Juni 2023 berdasrakan isbat awal Zulhijjah yang dilakukan Pemerintah Arab Saudi. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jemaah haji akan melaksanakan wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah 1444 H, tepatnya Selasa, 27 Juni 2023. Hal itu berdasarkan hasil sidang isbat Pemerintah Arab Saudi.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Khalilurrahman, mengatakan, hasil sidang isbat Arab Saudi memutuskan 9 Dzulhijah jatuh pada 27 Juni. Penetapan tersebut sudah diumumkan Pemerintah Arab Saudi pada hari ini.

"Wukuf di Padang Arafah berdasarkan hasil dari sidang isbat di Hotel Saudi insyaallah tanggal 9 Dzulhijjah jatuh pada 27 Juni 2023," kata Khalilurrahman, Senin (19/6/2023) .

Mengingat puncak haji tahun ini terjadinlada musim kemarau Khalilurrahman mengimbau kepada para jemaah untuk menjaga kesehatan. "Cuaca di Arafah dan Makkah mencapai 45 derajat celcius. Maka itu, jemaah haji diimbau wajib mengonsumsi minuman yang cukup, makanan yang cukup, dan banyak istirahat," ucapnya.

Selain itu, jemaah haji juga diimbau jangan banyak keluar ketika menjelang wukuf. "H-5 atau H-3 sebelum wukuf semua jemaah haji diharapkan benar-benar istirahat total dari aktivitas fisik yang berlebihan yang nanti bisa menghambat kondisi kesehatan jemaah," ujarnya.



Kemudian ketika di Arafah, kata Khalilurrahman, karena cuaca panas, jemaah haji juga diimbau lebih banyak beribadah, karena tujuan mereka tiba di Arafah untuk ibadah. "Jangan banyak keluar karena akan mengurangi energi mereka dan bisa memengaruhi kondisi kesehatan jasmani mereka," ucapnya.

Khalilurrahman juga menyampaikan kondisi lalu lintas yang sangat padat dan macet menjelang dan setelah puncak haji di Arafah menjadi kendala distribusi katering bagi jamaah haji. Sehingga pada 7, 14 dan 15 Dzulhijah layanan katering dihentikan sementara.

"Dalam rentang waktu itu, jamaah haji bisa membeli makanan dan minuman di sekitar hotel. Untuk tanggal 8-13 Dzulhijah, layanan katering diberikan sebanyak 16 kali di Arafah, Muzdalifah dan Mina," kata Khalilurrahman.

Sebelumnya, Ketua PPIH Subhan Cholid menjelaskan, PPIH bersama Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, serta pihak Masyarik, telah menyusun rencana pergerakan jemaah haji pada fase Armuzna. Jemaah haji Indonesia akan mulai diberangkatkan ke Arafah pada 8 Zulhijjah.

Mereka diberangkatkan dalam tiga tahap pemberangkatan. Tahap pertama, mulai pukul 07.00-11.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Tahap kedua, mulai pukul 11.00-15.00 WAS. Tahap ketiga, mulai 15.00 WAS sampai selesai.
(muh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)