Bacaan Niat Puasa Tarwiyah Lengkap Huruf Arab, Latin dan Artinya

Senin, 26 Juni 2023 - 09:44 WIB
loading...
Bacaan Niat Puasa Tarwiyah Lengkap Huruf Arab, Latin dan Artinya
Bagi umat muslim yang akan melaksanakan puasa Tarwiyah besok (27/6), berikut bacaan niatnnya dengan huruf Arab, latin dan artinya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Bagi yang akan melaksanakan puasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah) besok, berikut bacaan niat puasa tersebut lengkap dengan huruf Arab, latin dan artinya. Kedudukan puasa sunah Tarwiyah atau puasa sunah pada 8 Dzulhijjah ini, menurut Syaikh Said Muhammad Ba’asyind dalam kitab "Busyral Karim" bahwa puasa pada tanggal 8 Dzulhijjah dianjurkan sebagai bentuk ihtiyath terhadap hari Arafah dan juga termasuk 8 hari pertama Dzulhijjah.

Sedangkan Syaikh M Nawawi Banten dalam "Kitab Nihayatuz Zain" mengatakan, puasa delapan hari sebelum hari Arafah (dianjurkan) bagi mereka yang sedang melaksanakan ibadah haji maupun mereka yang tidak melaksanakan ibadah haji.

Ulama dari Mazhab Syafi’i menganjurkan puasa delapan hari pertama bulan Dzulhijjah di samping anjuran puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah. Mereka juga menganjurkan puasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah) secara khusus.

Puasa ini dianjurkan untuk melafalkan niat pada malam hari. Sebelum bedug Subuh, mereka dianjurkan untuk melafalkan niat puasa Tarwiyah berikut ini:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ لِلهِ تَعَالَى


Nawaitu shauma ghadin ‘an adā’i sunnati yaumit tarwiyah lillâhi ta‘ālā.

Artinya:“Aku berniat puasa sunnah Tarwiyah esok hari karena Allah SWT.”



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)