4 Tips Memilih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

Senin, 26 Juni 2023 - 09:56 WIB
loading...
4 Tips Memilih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam
Ada beberapa tips ketika memilih hewan kurban, salah satunya hewan kurban tidak boleh cacat dan umurnya sudah sesuai yang disyaratkan. Foto dok SINDOnews
A A A
Memilih hewan kurban tidak boleh asal dan harus sesuai syariat Islam. Sudah seharusnya umat muslim mengetahui hal ini supaya maksimal dalam berkurban di Hari Raya Iduladha.

Ketika proses pemilihan hewan kurban, pastinya umat muslim menginginkan hewan yang terbaik dari segi kualitas. Karena sebagai umat yang bertaqwa, tentulah ingin mempersembahkan yang terbaik dalam segala bentuk ibadahnya.

Islam telah menentukan jenis hewan yang dijadikan sembelihan pada saat Iduladha. Diantaranya seperti kambing, domba, sapi, kerbau, dan unta. Sedangkan di Indonesia, mayoritas orang akan berkurban menggunakan kambing atau sapi.

Selain memilih jenis hewan kurban , terdapat pula poin-poin lain yang perlu diperhatikan supaya sesuai syariat. Berikut ini tips memilih hewan kurban yang sesuai dengan syariat.

1. Hewan Kurban Tidak Boleh Cacat

Dalil untuk memilih hewan kurban yang tidak cacat ini sendiri telah dijelaskan dalam hadis berikut :

عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَسْتَشْرِفَ الْعَيْنَ وَالْأُذُنَ وَأَنْ لَا نُضَحِّيَ بِعَوْرَاءَ وَلَا مُقَابَلَةٍ وَلَا مُدَابَرَةٍ وَلَا شَرْقَاءَ وَلَا خَرْقَاءَ ,ولا ثرماء. رواه أحمد والأربعة


Artinya : "Rasul SAW telah memerintahkan kami agar memeriksa mata dan telinga, dan janganlah berkurban dengan binatang yang matanya buta sebelah, telinga bagian muka dan belakang terbelah, atau yang kedua telinganya dilobangi dan yang sudah hilang giginya."

Sehingga umat muslim perlu memperhatikan kualitas fisik dari hewan yang hendak dikurbankan. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah itu Maha Baik dan Dia hanya menerima yang baik." (HR. Muslim).

2. Usia Telah Mencukupi

Usia yang ideal untuk hewan kurban seperti kambing adalah satu tahun, sementara untuk sapi adalah dua tahun minimal. Syariat ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Aisyah RA menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya setiap sesuatu yang mencapai usia satu tahun telah matang."

Dilansir dari laman Universitas Muhammadiyah Surabaya, pemilihan hewan kurban dengan usia yang telah memenuhi syarat ini akan menjadikan qurban seseorang sesuai syariat yang berlaku.

3. Hewan Harus Dipersiapkan dengan Baik

Sebelum hewan kurban disembelih, mereka harus diperlakukan dengan baik dan dirawat dengan penuh kasih sayang.

Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik kepada keluarganya, dan aku adalah yang paling baik di antara kalian terhadap keluargaku." (HR. Tirmidzi).

Perlakuan dengan baik ini dapat dilakukan dengan cara mengecek kondisi peternakan yang menjaga hewan kurban. Pastikan di peternakan tersebut seluruh hewan diperlakukan dengan baik.

4. Pilih Hewan Kurban dengan Bobot yang Sesuai

Pastikan hewan kurban memiliki bobot yang ideal dan tidak terlalu kurus. Menurut laman dompet dhuafa, hewan kurban yang sehat memiliki bulu yang bersih, tubuh yang gemuk (tidak kurus), muka cerah, nafsu makan baik, lincah, suhu 37 derajat celcius dan tidak demam.

Dari sejumlah tips memilih hewan kurban di atas dapat disimpulkan bahwa dalam proses pemilihan hewan kurban, seseorang harus memperhatikan kualitas fisik dan kesehatan hewan, usia yang memenuhi syarat, kesiapan hewan untuk qurban, serta aspek berbagi dengan sesama. Pemilihan yang sesuai dengan syariat Islam akan memastikan qurban kita diterima oleh Allah SWT.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2582 seconds (0.1#10.140)