Jenis-jenis Hewan Kurban, Lengkap dengan Syaratnya!

Selasa, 27 Juni 2023 - 10:23 WIB
loading...
Jenis-jenis Hewan Kurban, Lengkap dengan Syaratnya!
Jenis hewan kurban yang disyaratkan adalah kambing, domba, sapi atau kerbau serta unta, di Indonesia umumnya yang dipakai adalah kambing, sapi dan kerbau. Foto istimewa
A A A
Seperti yang kita ketahui, terdapat banyak jenis hewan kurban yang biasa dikonsumsi oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak semua hewan ternak bisa menjadi hewan kurban.

Perayaan Hari Raya Iduladha biasanya ditandai dengan aksi penyembelihan hewan ternak yang dikurbankan. Hewan tersebut dibersihkan dan dipotong-potong, lalu dibagikan kepada orang yang membutuhkan.

Tidak sembarang hewan bisa dikurbankan, hanya ada empat jenis hewan yang bisa disembelih sebagai hewan kurban pada perayaan Hari Raya Iduladha. Berikut ini adalah empat jenis hewan kurban beserta dengan contohnya.

Empat Jenis Hewan Kurban Beserta Persyaratannya :

1. Kambing

Kambing merupakan salah satu jenis hewan ternak yang paling banyak digunakan sebagai hewan kurban. Selain mudah ditemukan, daging kambing ini memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Untuk kurban kambing sendiri tidak bisa dilakukan secara kolektif, sehingga hanya bisa dikurbankan satu kambing untuk satu orang saja. Lebih dari itu, kambing yang dikurbankan pun harus berusia minimal dua tahun.

2. Domba

Selain kambing, domba juga menjadi salah satu hewan ternak yang banyak dipilih sebagai hewan kurban. Untuk hitungannya sama dengan kambing, satu ekor domba hanya digunakan untuk satu orang saja.

Syaratnya, domba yang akan dikurbankan harus berusia minimal satu tahun atau sudah berganti gigi. Jika belum sampai satu tahun atau berganti gigi, maka domba tersebut belum boleh dikurbankan.

3. Sapi atau Kerbau

Sapi dan kerbau merupakan dua jenis hewan yang berbeda, tetapi sama-sama hewan familia Bovidae. Perbedaan mencolok pada jenis hewan ini adalah ciri fisik sapi yang cenderung lebih tinggi dan gemuk dibanding dengan kerbau yang pendek dan kekar.

Syarat sah sapi dan kerbau dijadikan hewan kurban yaitu apabila keduanya sudah berumur dua tahun, sehingga daging hewan kurban akan lebih banyak. Selain itu, kurban sapi dan kerbau bisa dilakukan secara bersama-sama dengan jumlah maksimal tujuh orang.

4. Unta

Unta merupakan jenis mamalia yang banyak ditemukan di Jazirah Arab dan biasa digunakan sebagai hewan kurban. Berbeda dengan jenis hewan kurban lainnya, batas unta dapat dijadikan kurban minimal berusia lima tahun.

Usia lima tahun merupakan usia yang tepat untuk unta bisa dikurbankan. Sama halnya dengan sapi dan kerbau, unta bisa dikurbankan secara kolektif untuk tujuh hingga sepuluh orang saja.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)