Khasiat Surah Al-Kahfi, Bisa Selamat dari Utang dan Kefakiran

Rabu, 28 Juni 2023 - 14:27 WIB
loading...
Khasiat Surah Al-Kahfi, Bisa Selamat dari Utang dan Kefakiran
Khasiat Surah Al-Kahfi, jika diamalkan bisa selamat dari utang. Foto/Ilustrasi: Dok. SINDOnews
A A A
Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surah Al-Kahfi , Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang meletakkannya di bejana kaca dan di rumahnya maka dia akan selamat dari utang dan kefakiran.



Al-Kahfi sendiri artinya adalah “gua”. Surat ini terdiri atas 110 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah. Ia juga dimanakan Ashabul Kahfi atau “para penghuni gua”, karena di dalamnya memuat kisah tentang beberapa pemuda yang tidur di dalam gua selama bertahun-tahun. Di dalamnya juga memuat cerita lainnya sebagai pelajaran yang berguna bagi kehidupan manusia.

Fadhilah dan manfaat Surah Al-Kahfi lainnya adalah pembacanya dapat memperoleh ketenangan. Barra’ bin Azib berkata bahwa pada suatu malam ada seorang laki-laki membaca Surat Al-Kahfi di dalam rumahnya, maka tiba-tiba ia melihat ada seekor binatang melonjak-lonjak. Ia pun memperhatikannya dan ternyata ada seperti kabut tipis yang menyelimuti.

Lalu laki-laki itu menceritakan hal tersebut kepada Rasulullah SAW . Baginda menjawab, “Bacalah surat itu, wahai Fulan. Sesungguhnya surat tersebut adalah ketenangan yang turun karena Al-Qur’an atau turun atas Al-Qur’an. (HR Ahmad)

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)