Bacaan Doa Duduk di Antara Dua Sujud, Arab Latin dan Terjemahan

Kamis, 13 Juli 2023 - 18:42 WIB
loading...
Bacaan Doa Duduk di Antara Dua Sujud, Arab Latin dan Terjemahan
Bacaan doa duduk di antara dua sujud atau duduk iftirasy ketika salat merupakan doa kita sebagai umat muslim untuk meminta pengampunan hingga rezeki pada Allah SWT.. Foto istimewa
A A A
Bacaan doa duduk di antara dua sujud atau duduk iftirasy ketika salat merupakan doa kita sebagai umat muslim untuk meminta pengampunan hingga rezeki pada Allah SWT.

Menurut Mazhab Syafi'i, duduk iftirasy adalah duduk dengan telapak kaki kanan dalam posisi berdiri terbalik, sedangkan telapak kaki kiri berada di bawah panggul (diduduki).

Cara ini merujuk pada penjelasan Syekh Abu Bakar Muhammad Syatha dalam kitabnya, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, berikut.

“Disunahkan duduk iftirasy, yakni duduk di atas mata kaki yang kiri setelah menyandarkan kaki kiri tersebut sekiranya bagian kaki kiri yang atas menempel pada lantai dan menegakkan kaki kanan dan meletakkan ujung jari-jari kaki kanan di lantai dengan menghadapkannya pada arah kiblat.”

Setiap gerakan salat harus dilakukan secara tuma'ninah atau tidak terburu-buru, supaya setiap bacaan sholat atau doa yang dipanjatkan dapat dihayati.

Doa Duduk di Antara Dua Sujud

رب اغفرلي وارحمني واجبرني وارفعني وارزقني واههدني وعافني واعف عني


Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fu 'annii.

Artinya : "Ya Allah ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, cukupkanlah segala kekurangan dan angkatlah derajatku, berilah rizki kepadaku, berilah aku petunjuk, berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku." (HR. Baihaqi)

Adapun bacaan yang lebih singkat, bacaan duduk diantara dua sujud ini diriwayatkan oleh Abu Daud.

رب اغفرلي رب اغفرلي


Rabighfilii, Rabighfirlii

Artinya : "Tuhanku Ampunilah saya, Tuhanku Ampunilah Saya."

Dengan membaca doa duduk diantara dua sujud ini, berarti umat muslim sudah memohon doa terkait, mendapat kasih sayang Allah, SWT, meminta pengampunan, meminta rezeki, meminta kesehatan, hingga minta ditinggikan derajatnya.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)