Khasiat Surah Al-Qashash, Salah Satunya Menyembuhkan Hepatitis

Senin, 17 Juli 2023 - 02:39 WIB
loading...
Khasiat Surah Al-Qashash, Salah Satunya Menyembuhkan Hepatitis
Khasiat Surah Al-Qashash antara lain menyembuhkan hepatitis. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surah Al-Qashash , Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa menulisnya dan mengikatkannya di atas seseorang maka dia akan aman dari perzinaan, melarikan diri, dan pengkhianatan.

"Selain itu, jika diikatkan di atas penyakit hepatitis dan perut maka penyakit itu akan hilang. Dan barangsiapa yang meminumnya dengan dicampur air hujan maka dia akan terlindung dari berbagai penyakit," ujar Al-Muqaddam.

Dalam kitab Majma'ul Bayan juga disebutkan Nabi Muhamad SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ini, maka ia memeroleh pahala 10 kebaikan sejumlah orang-orang yang membenarkan dan mendustakan Nabi Musa. Tidak pula tersisa malaikat di langit dan bumi, kecuali akan bersaksi untuknya di hari kiamat, karena ia seorang yang benar. Dan barangsiapa yang menulisnya (memasukannya ke dalam air) dan meminumnya, maka hilanglah segala rasa sakit yang diadukannya."



Perjumpaan Nabi Musa dan Nabi Nabi Syu'aib

Al-Qashash sendiri artinya adalah "cerita". Surat Al-Qashash terdiri atas 88 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah. Ia dinamakan Surat Al-Qashash karena merujuk pada lafadz al-qashash yang terdapat pada ayat ke-25.

Surat ini memuat kisah perjumpaan Nabi Musa dengan Nabi Syu'aib , di mana Nabi Musa bercerita tentang pengalamannya dengan Fir'aun. Pengejaran yang dialaminya karena ia membunuh seorang Qibthi tanpa sengaja.

Nabi Syu'aib pun berkata bahwa ia (Nabi Musa) telah terselamat dari pengejaran bala tentara Firaun itu. Surat ini adalah yang paling lengkap menurut cerita tentang Nabi Musa, sehingga menurut riwayat, ia juga dinamakan dengan Surat Musa.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2596 seconds (0.1#10.140)