Jelang Tahun Baru 1445 Hijriah Kain Kiswah Diganti, Begini Prosesnya

Senin, 17 Juli 2023 - 11:04 WIB
loading...
Jelang Tahun Baru 1445 Hijriah Kain Kiswah Diganti, Begini Prosesnya
Tiap tahun baru Hijriyah kain Kiswah dganti. Foto/Ilustrasi: Gulf News
A A A
MAKKAH - Arab Saudi bersiap menyelenggarakan ritual tahunan, yakni mengganti kiswah atau kain penutup Kakbah menjelang tahun baru Hijriah 1445.

Gulf News melaporkan Presidensi Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, bersama Kompleks Raja Abdul Aziz untuk Kakbah Kiswah, telah memastikan kesiapan untuk tugas terhormat ini.

Amjad bin Ayed Al Hazmi, Wakil Sekretaris Jenderal Kompleks King Abdulaziz untuk Kiswah Kaabah Suci, menyatakan bahwa semua persiapan telah selesai.



Perubahan Kiswah akan mengikuti rencana operasional khusus untuk memastikan pelaksanaannya tepat waktu dan berkualitas. Dia mencatat bahwa kain Kiswah tersebut akan dijahit tangan oleh para ahli nasional. 15 Karyawan telah dilatih khusus untuk tugas ini.

Direktur Departemen Pemeliharaan Ka'bah Kiswah Masjidil Haram, Fahd Al Jabiri, mengatakan tujuan dari pelatihan yang ketat ini adalah untuk membiasakan mereka dengan proses, meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka. “Departemen bekerja untuk mempercepat penyelesaian tugas dengan kinerja terbaik dalam periode waktu yang sangat singkat,” tambah Al Jabri.

Pembuatan kiswah Kakbah merupakan proses rumit yang melibatkan sepuluh tahap industri, menekankan pentingnya dan kehormatan yang terkait dengan tugas suci ini.

Prosesnya dimulai dengan desalinasi sutera, dimana suhu air yang digunakan untuk mencuci sutera diatur secara ketat. Sutera tersebut kemudian diolah dalam air manis sesuai dengan spesifikasi dan standar tertentu.



Tahap kedua melibatkan penghilangan lapisan lilin pengawet "Sericin" dari sutera pada suhu tinggi, diikuti dengan pencelupan sutera menjadi hitam untuk pakaian luar dan hijau untuk bagian dalam. Sutra yang diwarnai kemudian dikeringkan.

Pada tahap ketiga, sampel sutera diambil untuk pengujian sebelum dan sesudah pencelupan untuk memastikan ketahanan terhadap faktor iklim dan kekuatan tarik. Tahap keempat menyaksikan penenunan otomatis lebih dari 9.900 benang per meter sutra oleh mesin khusus.

Tahapan selanjutnya termasuk pencetakan ayat-ayat Al-Quran dan menyulamnya dengan kabel emas dan perak ke sabuk Kakbah, sulaman tangan dengan motif Islami, dan perakitan serta penjahitan kain tersebut. Tahap terakhir adalah penggantian Kiswah Kakbah lama dengan yang baru dan pemasangan tirai pintu Kakbah.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)