Kuwait, Negeri Islam dengan 15 Persen Penduduk Jutawan

Senin, 17 Juli 2023 - 13:30 WIB
loading...
Kuwait, Negeri Islam dengan 15 Persen Penduduk Jutawan
Kuwait adalah negeri Islam yang kaya raya. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
KUWAIT - Sekitar 15% penduduk Kuwait adalah jutawan, menempatkan negara itu di peringkat ketiga dunia. World of Statistics melansir Kuwait melampaui Singapura yang mencatat 12,7 persen penduduknya sebagai jutawan. Swiss memimpin daftar dengan 15,5 persen penduduknya menjadi jutawan, diikuti oleh Hong Kong dengan 15,3 persen.

Kuwait adalah negara kaya raya karena melimpahnya minyak bumi . Bukan hanya itu, Negeri Islam ini berada di posisi terdepan di sektor keuangan negara-negara Gulf Cooperation Council (GCC) atau Dewan Kerja Sama untuk Negara Arab di Kawasan Teluk. Dinar Kuwait menjadi mata uang dengan nilai tertinggi di dunia.

Populasi penduduk Kuwait hanya 4 juta orang. Pendapatan kapita per orang sangat tinggi. Ini mendorong Kuwait menjadi negara terkaya kedua di GCC dan kelima di dunia.

Jalan-jalan Kuwait dipenuhi mobil-mobil mewah. Ini seperti satu kompetisi besar yang mobilnya berakselerasi paling cepat.

Kuwait memiliki cukup bensin untuk menyumbang lebih dari setengah PDB Kuwait, 94 persen dari pendapatan ekspornya, dan 90% dari pendapatan pemerintah.



Penurunan

Sejatinya, Kuwait telah mengalami penurunan dalam peringkat negara terkaya di dunia dalam hal PDB per kapita. Pada tahun ini Kuwait menduduki peringkat ke-36 di dunia dari 193 negara. Angka tesebut menurun dibandingkan dengan peringkat ke-31 tahun lalu.

Harian Al-Qabas mengutip laporan Global Finance tentang Prospek Ekonomi Dunia bulan April yang dikeluarkan oleh IMF menyebut Paritas PDB per kapita dengan daya beli di Kuwait naik dari USD51.000 tahun lalu menjadi USD53.000 dalam klasifikasi baru.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3027 seconds (0.1#10.140)