Pesta Mewah Pernikahan Anjing dan Fenomena Aneh di Akhir Zaman

Kamis, 20 Juli 2023 - 17:41 WIB
loading...
Pesta Mewah Pernikahan Anjing dan Fenomena Aneh di Akhir Zaman
Pesta pernikahan sepasang anjing milik kalangan elit viral di media sosial. Foto/tangkapan Video Instagram
A A A
Publik Indonesia kembali dihebohkan dengan pesta pernikahan sepasang anjing menyerupai resepsi pernikahan manusia. Tak tanggung-tanggung, pesta pernikahan anjing tersebut menghabiskan uang Rp200 juta.

Pesta pernikahan anjing mengenakan adat Jawa ini telah menyita perhatian publik. Tak sedikit yang menyayangkannya hingga mengkritik pesta tersebut. Ada apa sebenarnya dengan zaman ini hingga banyaknya bermunculan fenomena-fenomena aneh. Adab dan nilai-nilai agama seperti tidak penting lagi.

Manusia kini berlomba-lomba pamer harta, kemewahan dan kemegahan. Apakah ini pertama Kiamat sudah dekat? Belum hilang dari ingatan kita berita seorang suami selingkuh dengan ibu mertuanya sendiri. Lalu seorang selebgram menggugat cerai suaminya karena selingkuh dengan sesama lelaki. Na'udzubillahi min dzalik.

Persitiwa aneh yang terjadi belakangan mengingatkan kita tentang fenomena akhir zaman dan tanda-tanda Kiamat yang pernah dikabarkan Rasulullah ﷺ sejak 14 abad lebih lalu. Banyak manusia telah melampaui batas dan tidak percaya dengan adanya hari pembalasan (Hari Kiamat).

Di antara tanda-tanda Kiamat adalah tersebarnya kejahilan (kebodohan). Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الْعِلْمُ وَيَثْبُتَ الْجَهْلُ

Artinya: "Di antara tanda-tanda Kiamat adalah hilangnya ilmu dan tersebarnya kebodohan." (Shahih Al-Bukhari)

Riwayat lain disebutkan: Beliau ﷺ bersabda: "Di antara tanda-tanda Hari Kiamat adalah sedikitnya ilmu dan tersebarnya kebodohan, merebaknya perzinaan, wanita akan semakin banyak dan pria akan semakin sedikit. Sampai-sampai salah seorang pria bisa mengurus (menikahi) 50 wanita (karena kejahilan orang itu terhadap ilmu agama)." (HR Al-Bukhari 81)

Pernikahan anjing yang digelar di kawasan Pantai Indah Kapuk Jumat (14/7/2023) lalu mungkin salah satu tanda bahwa manusia di zaman ini lebih memperturutkan hawa nafsunya ketimbang akal sehat dan nilai-nilai agama. Pesta mewah menghabiskan uang senilai Rp200 juta dianggap hal biasa untuk menggelar pernikahan sepasang anjing.

Bermewah-mewahan Salah Satu Tanda Akhir Zaman
Bermewah-mewahan dalam harta memang salah satu tanda akhir zaman. Baik itu dilakukan oleh kaum muslim maupun non muslim. Dai lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia Ustaz Farid Nu'man Hasan menukil salah satu Hadis yang sangat panjang dalam Shahih Muslim.

Ketika Rasulullah ﷺ ditanya oleh seorang laki-laki (dia adalah Malaikat Jibril yang menyamar) tentang tanda Kiamat, salah satu jawaban Rasulullah adalah "Yatathaawaluuna fil bunyaan" artainya berlomba-lomba dalam kemegahan bangunan.

"Apa yang saat ini viral, tentang pernikahan anjing yang dibuat resepsi begitu mewah, adalah satu tarikan nafas panjang ciri-ciri akhir zaman tersebut. Sebab, gaya hidup mewah, glamor, dan pemborosan sudah terjadi sejak lama," kata Ustaz Farid Nu'man.

Al-Qur'an sendiri telah memperingatkan manusia tentang hal ini. Allah berfirman:

أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ (1) حَتَّى زُرْتُمُ الْمَقَابِرَ (2) كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُونَ (3)

Artinya: "Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur. Sekali-kali tidak! Kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu)." (QS. At-Takatsur Ayat 1-3)

Ayat ini menjelaskan bahwa manusia sibuk bermegah-megahan dengan harta, teman, dan pengikut yang banyak, sehingga melalaikannya dari kegiatan beramal. Mereka tidak memanfaatkan harta tersebut di jalan kebaikan atau membantu fakir miskin dan orang-orang susah.

Beragam Komentar Publik
Pernikahan mewah sepasang anjing ini juga menuai perhatian publik media sosial terutama netizen di Tanah Air. Dalam video yang disiarkan Buletin iNews di kanal Youtube, sejumlah netizen menyampaikan pandagannya.

Seperti yang ditulis akun @jhonpienz-ct6uj: "Hati orang siapa yang tau. Moral bangsa tercermin dari perilaku. Kebebasan dan kebathilan beda tipis, setipis rambut yang terbelah. Pandai-pandailah membawa diri dalam bertoleransi. Inilah akhir zaman."

"Ini penistaan agama dan adat, sekaligus merobek-robek perasaan masyarakat. Upacara pernikahan menurut agama apapun, hanya untuk manusia. Banyak juga anggota masyarakat yang ingin menikah kesulitan biaya. 200 juta hanya untuk pernikahan anjing," tulis akun bernama @ramelanramelan394.

Akun @ramadhannovianto menulis: "Makin kesini makin banyak binatang disamain manusia. Na'udzubillah."

Komentar lain dari akun @MangOedin menulis: "Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani berpesan, "Aku lebih menghargai orang yang beradab daripada berilmu. Kalau hanya berilmu iblis pun lebih tinggi ilmunya daripada manusia."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)