Khutbah Jumat: Kemuliaan Hari Asyura dan Peristiwa Wafatnya Sayyidina Husain

Jum'at, 21 Juli 2023 - 15:50 WIB
loading...
Khutbah Jumat: Kemuliaan Hari Asyura dan Peristiwa Wafatnya Sayyidina Husain
Tema khutbah Jumat kali ini mengangkat kemuliaan Hari Asyura dan peristiwa wafatnya Sayyidina Husain yang sarat dengan hikmah berharga. Foto/dok Mohlimo
A A A
Khutbah Jumat kali ini mengangkat tema tentang kemuliaan Hari Asyura dan peristiwa wafatnya Sayyidina Husain. Hari ini kita memasuki Tanggal 3 Muharam 1445 Hijriah bertepatan Jumat, 21 Juli 2023.

Hari Asyura 10 Muharam tahun ini jatuh pada Jumat depan 28 Juli 2023. Berikut Khutbah Jumat kemuliaan Asyura disampaikan Ustaz Muchlis M Hanafi, Doktor Tafsir Alumni Al-Azhar Mesir dan Direktur Pusat Studi Al-Qur'an (PSQ) dilansir dari laman MUI.

Berikut Petikan Khutbahnya:

Di antara anugerah Allah kepada hamba-hamba-Nya adalah menjadikan waktu-waktu tertentu memiliki keutamaan dibanding lainnya sebagai kesempatan untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Salah satunya adalah bulan Muharram, satu di antara empat bulan haram lainnya, yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Rajab, yang diagungkan dan disucikan oleh-Nya.

Begitu mulianya empat bulan tersebut sampai-sampai Allah melarang perbuatan zalim dan maksiat, karena dosanya dilipatgandakan dibanding bulan-bulan lain (QS. At-Taubah Ayat 36). Kata Muharram itu sendiri secara bahasa, menegaskan keharaman melakukan kezaliman dan kemaksiatan di dalamnya, di samping kesucian dan keagungannya.

Salah satu kemuliaan bulan Muharram adalah keberadaan Hari Asyura yang merupakan hari ke-10 bulan Muharam. Kata Asyura cukup populer di masa Islam, meskipun sebelum itu bangsa Arab telah biasa memuliakannya. Di hari itu Rasulullah ï·º perintahkan umatnya untuk berpuasa, karena memiliki kedudukan yang sangat luar biasa.

Beliau sangat mengutamakan berpuasa di hari itu dibanding hari-hari lainnya. Dalam Hadis riwayat Muslim disebutkan, bahwa puasa itu akan menghapuskan dosa-dosa selama satu tahun sebelumnya (yukaffiru al-sanatal maadhiyata). Bangsa Arab pada masa Jahiliyyah (sebelum Islam datang) juga memuliakannya dengan berpuasa. Demikian pula orang-orang Yahudi yang ada di Madinah.

Bahkan, dalam kisah Sababul Wuruud puasa Asyura, ketika tiba di Madinah Nabi menjumpai orang-orang Yahudi berpuasa di hari Asyurs. Alasannya, menurut mereka, ini adalah hari baik, sebab di hari itu Allah telah menyelamatkan bani Israil yang dipimpin oleh Nabi Musa dari kejaran Fir'aun dan bala tentaranya. Sebagai ungkapan rasa syukur, Nabi Musa berpuasa di setiap hari itu dan diikuti oleh umat Yahudi sampai masa Nabi Muhammad ï·º. Tentu, bukan hanya umat Yahudi, tetapi umat Nabi Muhammad juga lebih berhak memuliakan Nabi Musa, sehingga beliau perintahkan umatnya untuk berpuasa. "Ana ahaqqu bi Musaa minkum" (Aku lebih berhak memuliakan Musa daripada kalian), begitu sabda Rasulullah.

Agar berbeda dengan umat Yahudi, Nabi ï·º menganjurkan menambahkan puasa satu hari sebelum atau sesudah tanggal 10 Muharram.

Ma'asyiral Muslimin Hafizhakumullah!
Kisah tersebut mengajarkan kita untuk mengenang peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan. Seruan Nabi untuk berpuasa di hari Asyura adalah upaya menghidupkan kembali kesadaran tentang sejarah, terutama yang memiliki dampak besar bagi kehidupan. Di hari Asyura Allah menunjukkan akhir perjuangan panjang membela kebenaran, yaitu dengan membinasakan penguasa tiran dengan segala kezalimannya.

Dalam konteks kisah Nabi Musa, ditenggelamkannya Fir'aun di Laut Merah merupakan sebuah kemenangan besar. Sehingga sangat wajar jika Allah perintahkan Nabi Musa untuk selalu mengingatkan bani Israil tentang berbagai nikmat karunia Allah dalam hari-hari kehidupan mereka. Wadzakkirhum bi ayyamillah (Ingatkanlah mereka dengan hari-hari Allah). (QS. Ibrahim Ayat 5)

"Ana ahaqqu bi Musa minkum" menunjukkan bahwa risalah yang dibawa oleh para Nabi pada hakikatnya satu, yaitu menyeru kepada ajaran mengesakan Allah. Hanya saja, syariat atau cara menjalankan ajaran agamanya berbeda antara satu dengan lainnya, sesuai dengan kondisi masing-masing. Dalam pernyataannya yang lain Rasulullah menegaskan, "Ana awlan nasi bi 'Isaa ibni Maryam fid dunya wal Akhirah (Aku lebih berhak memuliakan Nabi Isa putra Maryam di dunia dan Akhirat), sebab kedudukan para Nabi seperti saudara satu bapak lain ibu (ikhwatun min 'allatin); ibunya (syariatnya) banyak dan bapaknya (agamanya) satu.

Ini tidak berarti semua agama sama, sebab Al-Qur'an juga menegaskan terjadinya penyimpangan dan penyelewangan terhadap ajaran Nabi-nabi terdahulu. Islam sebagai agama terakhir yang dibawa oleh Nabi Muhammad ï·º menghimpun dan menyempurnakan ajaran-ajaran terdahulu.

Apresiasi dan penghormatan yang begitu sangat tinggi kepada Nabi-nabi terdahulu membuat Islam menjunjung tinggi hubungan antara sesama pemeluk agama. Lihatlah bagaimana Rasulullah ï·º membangun masyarakat Madinah dengan segala keragaman suku dan agama yang ada melalui perjanjian yang tertuang dalam Piagam Madinah.

Seluruh komponen masyarakat dipandang sebagai satu ummat yang saling melindungi satu dengan lainnya. Begitu juga dengan pemeluk Kristen di Najran. Hal sama dilakukan Umar bin Khattab dengan penduduk Elia (Yerusalem) berupa jaminan keselamatan atas jiwa, harta dan rumah ibadah mereka setelah wilayah itu dikuasainya pada Tahun 638 M (15 Hijriah).

Ma'asyiral Muslimin Hafizhakumullah!
Bila hubungan persaudaraan kemanusiaan dengan yang berbeda agama sangat ditekankan, apalagi dengan sesama Muslim. Meski berbeda dalam cara mengamalkan rincian ajaran agama, kesamaan keyakinan kepada Allah yang Maha Esa, Nabi mulia dan kitab sucinya, serta kiblat yang sama dalam sholat dan haji.

Itu semua cukup menjadi dasar untuk membangun persatuan atas dasar saudara seagama. Namun sayang, jauh panggang dari api. Sebagai contoh, kemulian dan kesucian hari Asyura tercoreng oleh peristiwa yang meninggalkan luka mendalam yang hingga saat ini memicu konflik berkepanjangan antara Muslim Sunni dan Syiah. Perselisihan semakin meruncing setiap kali hari Asyura datang.

Di saat mayoritas Muslim penganut Ahlussunnah wal Jama'ah memperingati hari Asyura sebagai hari kesyukuran atas kemenangan dengan mengabadikan ingatan sejarah kemenangan Nabi Musa atas kezaliman Fir'aun, kaum Syiah memperingatinya sebagai hari kesedihan. Bahkan, dalam ritualnya ada yang sampai melukai diri agar bisa merasakan apa yang dialami oleh Sayyidunal Husain, cucu Baginda Nabi Muhammad ï·º.

Pada hari itu, tepatnya pada Tahun 61 Hijriah, Imam Husein radhiyallahu 'anhu beserta pengikutnya sebanyak 72 orang dibunuh di Karbala, Irak oleh Yazid bin Muawiyah, penguasa saat itu. Peristiwa itu pada mulanya bermotifkan politik, tetapi memberi pengaruh psikologis dan teologis yang sangat mendalam.

Sehingga sampai sekarang kebencian dan kecurigaan menyelimuti hubungan antara dua tradisi keislaman; Sunni dan Syiah. Bahkan dengan mudahnya antara satu dengan lainnya saling mangkafirkan. Isu inilah yang berperan memecah belah persatuan umat seperti yang terjadi di beberapa negara Islam.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2364 seconds (0.1#10.140)