Peristiwa Juli: 3 Tahun Kembalinya Hagia Sophia dari Museum Menjadi Masjid

Selasa, 25 Juli 2023 - 18:49 WIB
loading...
Peristiwa Juli: 3 Tahun Kembalinya Hagia Sophia dari Museum Menjadi Masjid
Hagia Shopia. Foto: Anadolu Agency
A A A
Hagia Sophia , Turki, merayakan hari jadinya yang ketiga. Ini jika dihitung sejak keputusan penting untuk mengembalikan Hagia Sophia dari museum menjadi masjid pada 24 Juli 2020.

Kepala Kepresidenan Urusan Agama (Diyanet), Ali ErbaÅŸ, menyebut pembukaan kembali Hagia Sophia sebagai masjid sebagai "salah satu hari terindah" dalam hidupnya.

Pada subuh hari jadi Hagia Sophia itu Ali memimpin salat subuh di masjid bersejarah itu.

ErbaÅŸ mengingat gugatan yang diajukan oleh Permanent Foundations Service to Historical Artifacts and Environment Association ketika Dewan Menteri memutuskan untuk mengembalikan statusnya sebagai masjid. Keputusan itu ditegakkan dan upacara akbar yang dihadiri oleh Presiden Recep Tayyip ErdoÄŸan menandai kembalinya salat Jumat pertama yang bersejarah setelah 86 tahun.



Bangunan ikonik ini berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun sebelum menjadi masjid pada 1453 dan kemudian menjadi museum selama 86 tahun. Situs epik itu sekali lagi berubah menjadi tempat ibadah yang disayangi dan simbol signifikansi sejarah.

Hagia Sophia merupakan warisan dari Mehmed sang Penakluk dan merupakan simbol terpenting penaklukan Istanbul. Ali ErbaÅŸ mengatakan dia berharap jutaan orang beribadah di Hagia Sophia. Sultan Muhammad al-Fatih melaksanakan salat Jumat pertamanya setelah menaklukkan Istanbul pada 1453 M.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)