Khasiat Surat Yasin, Salah Satunya Aman dari Kejahatan Jin

Rabu, 26 Juli 2023 - 10:42 WIB
loading...
Khasiat Surat Yasin, Salah Satunya Aman dari Kejahatan Jin
Keistimewaan Surat Yasin, barangsiapa yang meminumkannya pada seorang wanita maka air susunya akan banyak. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Yasin , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang meminumkannya pada seorang wanita maka air susunya akan banyak. Dan barangsiapa yang membawanya, niscaya dia akan aman dari kejahatan mata dan jin serta sering mendapatkan mimpi yang baik.

Keistimewaan lainnya, barangsiapa yang membaca Surat Yasin di setiap malam dengan ikhlas mengharap ridha Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya. Hal ini berdasarkan hadis dari Abu Hurairah ra yang menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca Yasin pada suatu malam dengan mengharapkan wajah Allah, maka ia akan diampuni pada malam itu.” (HR Ad-Darimi)



Ma’qil bin Yassar meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, “Al-Baqarah adalah punuknya Al-Qur'an dan dikeluarkan ayat ‘Allahu la ilaha illa huwal-hayyul-qayyum’ (QS Al-baqarah: 225) dari bawah ‘arsy. Adapun Yasin adalah inti dari Al-Qur’an. Tidaklah seseorang yang membacanya dengan niat menginginkan Allah dan negeri akhirat, melainkan ia akan diampuni. Bacalah ia pada orang-orang yang hendak meninggal di antara kalian.” (HR Ahmad)

Surat Yasin terdiri atas 83 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan sesudah surat Jin. Surat ini dinamakan Surat Yasin karena merujuk pada perkataan Fatir yang terdapat pada ayat pertama.

Sebagaimana halnya arti huruf-huruf abjad yang terletak pada permulaan beberapa surat Al-Qur’an, maka demikian pula arti Yasin yang terdapat pada permulaan surat ini, artinya Allah mengisyaratkan bahwa sesudah huruf tersebut akan disebutkan hal-hal yang penting antara lain, Allah bersumpah dengan Al-Qur’an bahwa Muhammad benar-benar rasul yang diutus-Nya kepada kaum yang belum pernah diutus rasul-rasul kepadanya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1497 seconds (0.1#10.140)