Setiap Kezaliman Ada Balasannya, Ini 5 Adab Orang yang Teraniaya

Sabtu, 29 Juli 2023 - 06:30 WIB
loading...
A A A
Artinya: "Allah tidak menyukai ucapan buruk yang diucapkan terang-terangan kecuali oleh orang yang dianiaya (dizalimi)." (QS An-Nisaa' ayat 148)

Ulama sekelas Imam Hasan Al-Bashri rahimahullah, yang begitu lembut dan melarang berontak kepada pemimpin zalim pernah berdoa buruk kepada pemimpin zalim pada masanya:

اللَّهُمَّ يَا قَاصِمَ الْجَبَابِرَةِ اقْصِمِ الْحَجَّاجَ ابن يوسوف...

Artinya: "Ya Allah yang Maha Perkasa atas orang-orang zalim, hancurkan dan binasakanlah Hajjaj bin Yusuf..." (Imam Ibnu Katsir, Al-Bidayah wan Nihayah, 9/117)

Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsqafi ini (wafat 95 H) dikenal sebagai sosok penguasa zalim dan bengis yang banyak membunuh ulama dan kaum muslim di masa Dinasti Umayyah.

Imam An-Nawawi dalam Al-Adzkar membuat bab berjudul "Bab Bolehnya doa seseorang (dengan doa keburukan) kepada orang yang menzalimi kaum muslimin atau menzalimi dirinya seorang." Beliau menjelaskan:

وَقَدْ تَظَاهَرَ عَلىَ جَوَازِهِ نُصُوْصُ الْكِتَابِ وَالسُنَةِ وَأَفْعَالُ سَلَفِ الْأُمَةِ وَخَلَفِهَا

Artinya: "Telah jelas kebolehan hal tersebut berdasarkan nash-nash Al-Qur'an dan As-Sunnah. Juga berdasarkan perbuatan generasi umat Islam terdahulu (yaitu Salaf) maupun generasi terkemudian (khalaf)." (Al Adzkar, 1/493)

Itulah beberapa adab bagi orang yang teraniaya sebagaimana dijelaskan Ustaz Farid Nu'man Hasan. Semoga Allah menjauhkan kita dari segala perbuatan zalim.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2376 seconds (0.1#10.140)