Pengin Dosa Zina Dihapus? Ini Amalan-amalannya!

Sabtu, 29 Juli 2023 - 14:29 WIB
loading...
Pengin Dosa Zina Dihapus? Ini Amalan-amalannya!
Salah satu amalan yang bisa dilakukan untuk ikhtiar menghapus dosa zina adalah memperbanyak membaca Al-Quran. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Amalan penghapus dosa zina penting diketahui karena setiap manusia tidak akan luput dari dosa. Dalam Islam, zina termasuk dosa besar yang memiliki hukuman yang berat baik di dunia maupun di akhirat.

Lalu bagaimana cara menghapus dosa zina dalam islam? Dalam salah satu hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, tercantum sebuah doa memohon ampunan dan taubat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Berikut bacaannya:

اَللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيرًا, وَلَا يَغْفِرُ اَلذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ, فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ, وَارْحَمْنِي, إِنَّكَ أَنْتَ اَلْغَفُورُ اَلرَّحِيمُ


Allāhumma innī zhalamtu nafsī zhulman katsīran (tercatat “kabīran” pada sebagian riwayat), wa lā yaghfirud dzunūba illā anta, faghfir lī maghfiratan min ‘indika, warhamnī, innaka antal ghafūrur rahīmu.

Artinya, “Tuhanku, sungguh aku telah menganiaya diri sendiri dengan penganiayaan yang banyak (sebagian riwayat ‘yang besar’). Tiada yang dapat mengampuninya kecuali Engkau. Anugerahkanlah ampunan dari sisi-Mu. Rahmatilah aku. Sungguh, Kau maha pengampun, lagi maha penyayang,” (HR Bukhari dan Muslim)

Selain menzikirkan doa di atas, ada pula beberapa amalan untuk menghapus dosa-dosa zina ini. Dirangkum dari berbagai sumber berikut amalan-amalan yang dapat menghapus dosa zina tersebut.

1. Memperbanyak membacaAl-Qur'an

Al-Qur'an dapat menjernihkan hati dan membacanya tidak hanya mendatangkan ketenangan akan tetapi juga menghapuskan dosa seseorang.
Hal ini sesuai dengan yang disebutkan dalam hadis berikut ini:

“Bacalah Al Qur'an, karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat untuk memberikan syafa'at kepada pembacanya”(HR. Muslim)

2. Memperbanyak istighfar

Kalimat istighfar merupakan kalimat permohonan ampun dari Allah SWT dan dosa-dosa seseorang dapat dihilangkan dengan terus menyebut nama Allah SWT.

Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT berikut ini:

وَالَّذِيْنَ اِذَا فَعَلُوْا فَاحِشَةً اَوْ ظَلَمُوْٓا اَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللّٰهَ فَاسْتَغْفَرُوْا لِذُنُوْبِهِمْۗ وَمَنْ يَّغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اللّٰهُ ۗ وَلَمْ يُصِرُّوْا عَلٰى مَا فَعَلُوْا وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ


Artinya:"..dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, (segera) mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui.(QS Al Imran : 135)

3. Salat taubat

Pada dasarnya setiap manusia pasti tak luput dari kesalahan dan dosa, baik yang disengaja atau pun tak disengaja. Dosa kecil yang diperbuat manusia antara lain seperti ghibah, riya dan putus asa. Ada pula dosa besar yang diperbuat seperti halnya berbohong, zina dan memakan harta riba.

Amalan untuk menghapus dosa zina selanjutnya adalah dengan melaksanakan salat taubat. Dalam melaksanakan taubat manusia tidak harus mengundur atau menunda-nundanya. Salat taubat nasuha bisa dilakukan pada waktu sepertiga malam atau selama salat tahajud.

4. Berpuasa

Amalan untuk menghapus dosa zina dengan berpuasa. Berpuasa adalah salah satu cara melatih hawa nafsu dan kesabaran. Puasa juga dapat menghapuskan dosa apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh terutama jika melakukan puasa sunnah seperti puasa arafah (baca keutamaan puasa arafah) dan asy syura.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)