6 Penyakit Umat Terdahulu yang Menimpa Umat di Akhir Zaman

Rabu, 02 Agustus 2023 - 18:39 WIB
loading...
6 Penyakit Umat Terdahulu yang Menimpa Umat di Akhir Zaman
Dalam satu Hadis disebutkan bahwa umat di akhir zaman akan ditimpa penyakit yang pernah menimpa umat-umat terdahulu. Foto ilustrasi/ist
A A A
Salah satu tanda akhir zaman disebutkan dalam satu Hadis yaitu ketika umat di akhir zaman ditimpa penyakit umat terdahulu. Sebelum Islam datang, umat-umat terdahulu hidup dalam kejahilan, berlebihan mencintai dunia dan takut kepada kematian.

Apa saja 6 penyakit umat terdahulu tersebut? Dalam buku "40 Hadits Peristiwa Akhir Zaman" karya Abu Ali Al-Banjari An-Nadwi dijelaskan, penyakit-penyakit yang menimpa umat terdahulu kini telah mewabah dan banyak menimpa kaum muslimin hari ini. Benarlah apa yang disampaikan oleh Baginda Rasulullah ï·º.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah ï·º bersabda: "Umatku akan ditimpa penyakit-penyakit yang pernah menimpa umat-umat dahulu. Sahabat bertanya, "Apakah penyakit-penyakit umat-umat terdahulu itu Ya Rasulullah?" Nabi ï·º kemudian bersabda: "Penyakit-penyakit itu ialah: (1) Terlalu sombong, (2) Terlalu mewah (kufur nikmat), (3) Mengumpulkan harta sebanyak mungkin, (4) Tipu menipu dalam merebut harta dunia, (5) Saling membenci dan memarahi, (6) Dengki-mendengki, sehingga menjadi orang yang melampaui batas (zalim dan menzalimi)." (HR Hakim)

Abu Ali Al-Banjari An-Nadwi menjelaskan, enam penyakit umat terdahulu tersebut telah menular di zaman ini. Dunia Islam dilanda krisis ruhani yang sangat meruncing. Umat muslim terdorong mencari harta benda sebanyak-banyaknya untuk memuaskan hawa nafsunya.

Ketika hawa nafsu itu diturutkan maka mereka akan menggunakan segala cara dan tipu muslihat. Akhirnya, hilanglah agama, hilanglah nilai-nilai akhlak. Yang eksis adalah kecurangan, khianat, dengki-mendengki dan sebagainya.

Dalam satu Hadis dari Tsauban radhiyallahu 'anhu berkata Rasulullah ï·º bersabda: "Hampir tiba suatu zaman di mana bangsa-bangsa dari seluruh dunia akan datang mengerumuni kamu bagaikan orang-orang yang kelaparan mengerumuni talam hidangan mereka."

Maka salah seorang sahabat bertanya, "Apakah karena kami sedikit pada hari itu?" Nabi menjawab: "Bahkan kamu pada hari itu banyak sekali, tetapi kamu umpama buih di waktu banjir, dan Allah akan mencabut rasa gentar terhadap kamu dari hati musuh-musuh kamu, dan Allah akan melemparkan ke dalam hati kamu penyakit 'Al-Wahan'. Seorang sahabat bertanya: "Apakah 'Wahan' itu wahai Rasulullah?". Rasulullah ï·º menjawab: "Cinta dunia dan takut mati." (HR Abu Dawud)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)