5 Adab Tidur Sesuai Sunnah Rasulullah SAW yang Penting Diketahui

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 11:24 WIB
loading...
5 Adab Tidur Sesuai Sunnah Rasulullah SAW yang Penting Diketahui
Ketika ingin tertidur, sebagai umat muslim kita perlu memperhatikan dan melakukan adab-adab yang sudah ada sejak zaman kenabian. Adab ketika tidur memiliki manfaat yang sebenarnya penting untuk diri kita sendiri. Foto ilustrasi/ist
A A A
Adab tidur dalam Islam yang penting diketahui kaum muslim. Ketika ingin tertidur, sebagai umat muslim kita perlu memperhatikan dan melakukan adab-adab yang sudah ada sejak zaman kenabian. Adab ketika tidur memiliki manfaat yang sebenarnya penting untuk diri kita sendiri.

Salah satu adab ketika ingin tidur adalah membaca doa. Hal tersebut merupakan hal yang dasar, ketika seorang umat muslim ingin beristirahat (tidur) dari segala kesehariannya. Apa saja adab tidur dalam islam yang harus kita ketahui? Berikut di antaranya

1. Membaca Doa Tidur

Membaca doa sebelum tidur bagi umat muslim mempunyai keutamaan yang besar. Umat muslim mungkin familiar dengan doa tidur “Bismika Allahuma Amuutu wa Ahyaa.’’ Doa ini merupakan doa yang sering diajarkan ketika kita berada di pengajian semasa kecil. Dengan berdoa sebelum tidur, kita akan terjaga dari segala keburukan dan malabahaya. Karena telah memohon agar dilindungi oleh Allah SWT.

Membaca doa sebelum tidur juga mampu menghindarkan kita dari mimpi buruk serta gangguan jin. Selain membaca doa tidur yang familiar, kita juga bisa membaca tiga surat pendek, yakni surat Al-Ikhlas,
Al-Falaq, dan An-naas.

2. Berwudu

Berwudu sebelum hendak tertidur juga salah satu adab ketika tertidur dalam islam. Melakukan wudhu sebelum tidur ini dianjurkan sebagaimana yang tertuang dalam hadis berikut : “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan salat.” (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).

3. Membaca Ayat Kursi

Ayat kursi memiliki banyak seklai keutamaan bagi pembacanya. Salah satu keutamaan ayat kursi adalah pelindung dari jin dan sihir dan merupakan doa mustajabah. Membaca ayat kursi juga sebagai adab ketika tidur. Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang membaca ayat kursi ketika akan tidur, maka Allah SWT senantiasa menjaganya dan tidak akan didekati setan sampai subuh.” (HR. Bukhari)

4. Tidur ke Sisi Kanan

Kita sering mendengar bahwa ketika tidur lebih baik badan berbaring di posisi kanan tubuh. Dalam dunia kesehatan juga diketahui bahwa tidur menghadap kanan akan menjaga kesehatan paru-paru dan pernapasan. Dalam islam, berdasarkan sabda Rasulullah SAW : “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

5. Membersihkan Tempat Tidur

Membersihkan tempat tidur juga sebagai salah satu adab ketika tidur. Tempat tidur yang bersih dan nyaman akan memberikan kualitas tidur yang baik. “Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Al-Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, dan Abu Dawud).



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)