Catatan Prof Sameena Dalwai tentang Pembakaran Masjid dan Pembantaian Muslim di India

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 18:44 WIB
loading...
Catatan Prof Sameena Dalwai tentang Pembakaran Masjid dan Pembantaian Muslim di India
Prof Dr Sameena Dalwai. Foto: facebook
A A A
"Bagian dari negara bagian India tempat saya tinggal terbakar," tutur Prof Sameena Dalwai mulai berkisah. "Hampir 77 km dari universitas tempat saya mengajar di negara bagian Haryana, massa membakar masjid pada Selasa pagi dan menembak mati seorang imam muda di distrik tetangga," lanjutnya.

Ini adalah noda darah terbaru pada tatanan sosial India, yang sudah compang-camping. "Jika ada panduan sejarah, noda ini akan menghantui India - dan orang India - selama beberapa dekade mendatang," tulisnya dalam artikelnya berjudul "Will India’s future generations forgive its decay into anti-Muslim hatred?"



Ia lalu mengungkit peristiwa 90 tahun yang lalu. Pada 10 Mei 1933, sekitar 5.000 mahasiswa serikat mahasiswa Nazi dan profesor mereka berkumpul di Bebelplatz, Berlin, dengan obor menyala.

Mereka membakar hampir 20.000 buku yang sebagian besar ditulis oleh penulis Yahudi dan pemikir komunis seperti Karl Marx dan Rosa Luxemburg—keduanya juga memiliki akar Yahudi. Empat puluh ribu orang menyaksikan acara ini.

Para siswa membacakan mantra mereka: “Melawan dekadensi dan kerusakan moral! Untuk disiplin dan kesopanan dalam keluarga dan bangsa! Saya berkomitmen pada nyala api, tulisan-tulisan dari… .. ”

Penulis Eric Kastner, yang bukunya dilempar ke dalam api, berdiri di tengah kerumunan. Dia kemudian menggambarkan ini sebagai Begräbniswetter atau cuaca pemakaman. Hari itu gelap dan berawan, dan hujan memadamkan api. Para mahasiswa pun harus terus menuangkan bensin agar api tetap hidup dan buku-buku mati.

Berikut selengkapnya artikel profesor hukum tersebut yang dilansir Aljazeera Kamis, 3 Agustus 2023.

Saya teringat akan hal ini pada bulan April, ketika massa membakar perpustakaan madrasah dengan 4.500 buku – termasuk manuskrip kuno dan teks Islam tulisan tangan dalam kaligrafi – di kota Bihar Sharif di negara bagian Bihar.

Perpustakaan itu berusia 113 tahun dan menyimpan koleksi buku yang tak ternilai harganya selama beberapa generasi. Para penyerang datang dengan membawa tongkat, batu, dan bom molotov.

Jika Kastner dan ratusan penulis dan seniman meninggalkan Jerman dan tinggal di pengasingan sementara tanah air mereka diubah dengan kejam oleh Nazi, politisi sayap kanan saat ini secara terbuka menyebut nama sejarawan dan jurnalis dan menyuruh mereka meninggalkan India.



Di Jerman pada 10 Mei 2023, sembilan seniman terkemuka membaca teks dari penulis seperti Rezso Kastner dan Kurt Tucholsky yang bukunya dibakar hari itu 90 tahun lalu. Tepat di bawah Bebelplatz sekarang menjadi peringatan perpustakaan dengan rak putih kosong dengan ruang untuk sekitar 20.000 buku. Ada juga piring perunggu dengan tulisan:

Itu hanyalah pendahuluan; tempat mereka membakar buku,
Mereka pada akhirnya akan membakar orang juga.

--- Heinrich Heine 1820

Di India urutan itu telah dibalik. Kami membakar orang dan sekarang telah mencapai buku. Kerusuhan Mumbai setelah penghancuran Masjid Babri pada tahun 1992. Pembantaian Gujarat tahun 2002.

Kesaksian seorang ibu di Gujarat menceritakan bagaimana mereka mengikat putranya yang cacat ke pohon dan memukulinya. Dia menangis minta air tetapi mereka memberinya bensin. Korek api dipasang padanya dan dia meledak seperti bom.

Dalam Holocaust, kereta yang membawa orang Yahudi berhenti di beberapa stasiun di mana pria, wanita, dan anak-anak yang terperangkap di kandang ternak menangis minta air. Keluarga diambil dari rumah, orang tua ditembak di jalanan. Jerman melihat semua ini. Apa yang mereka rasakan?

Hari ini ingatan kolektif itu telah menjadikan Jerman negara langka yang menghadapi setidaknya sebagian dari masa lalunya yang mengerikan di masa kini yang masih hidup.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)