9 Tahun Genosida Kaum Yazidi: Kesaksian Siham Dijadikan Budak Seks

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 11:25 WIB
loading...
9 Tahun Genosida Kaum Yazidi: Kesaksian Siham Dijadikan Budak Seks
Duka kaum Yazidi di makam kerabat mereka. Foto: MEE
A A A
Kurdistan Irak , tak lama setelah tengah malam pada 3 Agustus 2014. Ekstremis Daesh ( ISIS ) yang bersenjata berat menyapu tanah air Yazidi di Sinjar di Irak barat laut. Mereka mengumpulkan penduduk sipil, sebagian dibantai, sisanya dijadikan tawanan.

Daesh sengaja menargetkan komunitas Yazidi , salah satu minoritas etnoreligius tertua di Irak, karena menganggap mereka murtad karena tradisi agama mereka.

Wanita dan gadis Yazidi menderita penghinaan terburuk di tangan Daesh, dengan banyak dari mereka dijual sebagai budak seks dan dipaksa melahirkan anak-anak dari para penculiknya.



Berikut salah satu kisah perempuan korban ISIS sebagaimana dilansir Arab News, Kamis 3 Agustus 2023.

“Saya berumur sekitar 15 tahun. Malam itu diputar di kepalaku hampir seperti film. Beberapa bagian ingin saya lupakan,” kata Siham Suleiman Hussein, seorang warga Yazidi berusia 23 tahun yang sekarang tinggal di Kamp Khanke dekat Duhok, mengenang kedatangan Daesh di Sinjar.

“Para militan menemukan kami bersembunyi di pegunungan. Mereka memasukkan kami ke dalam truk mereka dan membawa kami ke Irak. Mereka menahan kami di Galaxy Hall, tempat pernikahan. Gadis-gadis yang lebih muda dipisahkan dari ibu mereka. Wanita tua dikirim ke Mosul.”

Di sanalah Siham disiapkan untuk dijual. Dia pertama kali dibeli oleh seorang pejuang ISIS Tunisia yang “untungnya meninggal beberapa hari setelah membeli saya,” katanya. "Beberapa hari yang saya habiskan bersamanya sangat brutal."

Dia kemudian dibeli oleh seorang militan Libya.

“Terkadang ingatan saya jelas, di lain waktu saya merasa ada ruang kosong di sana,” katanya. “Saya pikir otak saya secara aktif dan sengaja mengosongkan hal-hal untuk melindungi saya.

“Saya menolak selama penahanan saya. Saya tidak pernah kehilangan harapan bahwa saya akan diselamatkan.”



Siham tinggal bersama pria Libya itu selama beberapa bulan sebelum dia "memberikannya" kepada seorang teman Suriah.

“Saya terus-menerus dipukuli dan kelaparan,” katanya. “Mereka mematahkan tulang di tubuhku.”

Dia mencoba melarikan diri beberapa kali, tanpa hasil. Setiap kali dia dibawa kembali, hukumannya semakin berat.

Setelah satu upaya melarikan diri, dia mengatakan militan Suriah “membawa pisau, memegangnya di leher saya dan berbisik di telinga saya bahwa dia akan menggorok leher saya jika saya mencoba melarikan diri lagi. Tapi saya mengatakan kepadanya bahwa saya benar-benar tidak takut mati, terutama setelah komunitas saya dibantai.”

Siham akhirnya diselamatkan berkat pamannya, Abdullah, yang mengirim seorang Arab, menyamar sebagai militan Daesh yang tertarik untuk membelinya.

“Saat transaksi berlangsung, saya berteriak untuk ditinggal sendirian,” katanya. "Saya meneriaki mereka, memberi tahu mereka bahwa mereka monster, bahwa orang tidak boleh diperjualbelikan."

Pria yang dikirim pamannya berbisik bahwa dia ada di sana untuk menyelamatkannya. Dia kemudian dipersatukan kembali dengan apa yang tersisa dari keluarganya.

“Saya kehilangan ayah saya, kakek saya dan saudara laki-laki saya,” kata Siham. “Kami tidak tahu apakah mereka hidup atau mati.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)