Inilah 15 Manfaat Surat Yasin ketika Dibaca Rutin

Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:29 WIB
loading...
A A A
12. Sebagai Penyembuh Penyakit pada Tubuh

Bagi seseorang yang rajin dan membiasakan diri untuk membaca Al-Qur'an maka Allah SWT akan melindunginya dari segala penyakit. ”Hendaknya kamu menggunakan jenis obat-obatan seperti madu dan membaca al-Quran (HR Ma’ud)

Allah SWT berfirman: “Dan makanlah oleh kamu bermacam macam buah serta tempuhlah jalan jalan yang telah ditetapkan pada tubuhmu dengan lancar. Ada madu yang bermacam-macam jenisnya dijadikan sebagai obat untuk manusia. Di alam semesta terdapat banyak tanda tanda kekuasaan Allah bagi orang orang yang memikirkan hal itu.” (QS An-naah 16 : 69)

13. Dapat Menyembuhkan Penyakit Hati

Membaca Al-Qur'an dengan hati yang ikhlas dapat menghalau dan menyembuhkan penyakit hati yang mencakup iri, dengki, senang membicarakan keburukan orang lain, merasa dendam dan lain lain.

Seperti hadis yang menyatakan bahwa: “Sesungguhnya hati ini dapat berkarat sebagaimana besi yang menjadi berkarat karena tersentuh air.” Lalu bagaimana agar hati ini tidak berkarat? tanya para sahabat, maka Rasullulah SAW mengatakan, ”Percayalah ... dengan membaca Al-Quran.”

14. Memberikan Kenikmatan pada Kedua Orang tua di Hari Kiamat

Bagi seorang anak yang membiasakan diri membaca Al-Quran semata-mata karena kecintaannya terhadap Allah SWT dan kedua orangtuanya maka Allah SWT akan melindungi kedua orangtuanya dan memberinya kenikmatan termasuk mahkota pada kepala mereka sebagai tanda keberkahan.

Rasullulah pernah bersabda: “Barangsiapa yang membaca Al-Quran dan mengamalkannya semata-mata karena Allah SWT maka Allah akan memberikan mahkota di kepala kedua orangtuanya dan kenikmatan pada hari kiamat dan akan terlihat lebih terang daripada sinar matahari sehingga kamu tidak akan menduganya bahwa ganjaran itu dikarenakan amalan-amalan sipembaca Alquran itu.” (HR Abu Daud.)



15. Meningkatkan Keimanan pada Hari Kebangkitan

Hal ini karena pokok kandungan dari Surat Yasin salah satunya adalah menjelaskan bukti-bukti hari kebangkitan. Pokok kandungan lainnya adalah:

- Menjelaskan bahwa Al-Qur’an bukanlah syair buatan manusia;
- Surga dan sifat-sifatnya yang diperuntukkan bagi orang-orang mukmin;
- Menjelaskan surga dan sifat-sifatnya yang diperuntukkan bagi orang-orang mukmin;
- Mensucikan Allah dari sifat-sifat yang tidak layak bagi-Nya;
- Menjelaskan bahwa kelak anggota badan akan bersaksi pada hari kiamat atas segala perbuatan di dunia;
- Menceritakan kisah Nabi Isa dengan penduduk Anthakiyah;
- Menjelaskan bahwa Allah menciptakan sesuatu itu berpasang-pasangan;
- Menjelaskan bahwa bintang-bintang di angkasa berjalan sesuai garis edar yang ditetapkan oleh Allah;
- Allah menghibur Nabi Muhammad atas penghinaan orang-orang musyrik yang menyakiti hati.
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)