Khasiat Surat Yasin untuk Kesembuhan Orang Sakit

loading...
Khasiat Surat Yasin untuk Kesembuhan Orang Sakit
Surat Yasin bisa menjadi wasilah untuk menyembuhkan orang sakit. Caranya, orang yang sakit meminum air yang telah dibacakan Surat Yasin. Foto/Ist
Dalam berbagai riwayat, Surat Yasin (يس) disebutkan memiliki fadhilah dan khasiat yang luar biasa. Tak hanya untuk orang meninggal dunia, Surat Yasin juga bisa dijadikan wasilah untuk kesembuhan orang sakit.

Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Al-Qur'an, terdiri 83 ayat dan termasuk surat Makkiyah (diturunkan di kota Makkah). Kandungan Yasin meliputi pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah, peringatan kematian, hari akhir, kisah Nabi dan perjuangan para syuhada.

Dalam Hadis memang disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya: "Bacakanlah Surat Yasin atas orang yang hampir mati di antara kamu." (Riwayat Abu Dawud dan Nasa'i). Hadis ini sahih menurut Ibnu Hibban.

Dalam Roudhotut Thoolibiin II/97, disunnahkan membacakan Surat Yasin pada orang yang sakit keras (Sakaratul Maut) sebagian para Tabi'in juga mensunnahkan dibacakan Surat Ar-Ra'du.

Menurut Ibnu Kastir, Surat Yasin yang dibacakan untuk orang yang sakaratul maut dimaksudkan agar rahmat dan berkah diturunkan kepadanya sehingga ruhnya dapat keluar dengan mudah atas izin Allah.

Lalu bagaimana cara membaca Surat Yasin untuk orang sakit? Dalam satu riwayat disebutkan: "Barangsiapa membaca Surat Yasin dan As-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Daud dari Al-Habr). Hadis ini dihukumi lemah oleh para ulama, namun tidak mengapa jika diamalkan untuk fadhoil amal.

Ada pendapat lain mengatakan, Surat Yasin bisa menjadi wasilah (perantara) untuk menyembuhkan orang sakit. Caranya, orang yang sakit meminum air yang telah dibacakan Surat Yasin, dengan kayakinan bahwa Allah lah yang menyembuhkan sakit.

Ini termasuk ruqyah syar'i yang dibolehkan dalam syariat. Selain Surat Yasin, bisa juga menambahkannya dengan membaca surat Al-Fatihah pada air, dua surat Al-Muawidzatain (Surat Al-Falaq dan An-Nas), dan Ayat Kursi.

Baca Juga: Rahasia dan Fadhillah Surat Yasin, Yuk Amalkan

(MG/Khofidhotul Umah)
(rhs)
preload video