Inilah 15 Manfaat Surat Yasin ketika Dibaca Rutin

Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:29 WIB
loading...
A A A
Bahwa betapa mengerikannya kematian dan bagaimana perjuangan para pendakwah di masa lalu demi membela islam.

Tentunya hal ini bisa membuat keimanan seseorang semakin bertambah. Selain itu, Rasulullah SAW bersabda: “Surat Yasin adalah jantung Alquran.

Dan siapa yang membaca Yasin akan diberikan pahala sama seperti 10 kali membaca Alquran,” (HR At-Tirmidzi dan Ad-Darimi).

5. Pemberi Syafaat pada Hari Kiamat

Sesuai dengan hadits yang pernah diriwatkan oleh muslim yang dinyatakan oleh Abi ummah ra : “Rasullulah berkata bacalah olehmu al-Quran karena sesungguhnya akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat nanti untuk siapa saja yang membacanya.”



6. Suasana Lingkungan Menjadi Tenang

Membaca Al-Qur'an, surat Yasin khususnya, dapat menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang dan penuh dengan keberkahan. Selain itu, seseorang yang membaca Al-Qur'an akan mendapatkan pahala yang berlipatganda dan kebaikan dari Allah SWT sebagai manusia yang saleh.

Seperti hadis riwayat dari Tirmidzi bahwa: “Barang iapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya.”

7. Memberikan Derajat dan Wibawa

Membaca Al-Qur'an dapat membuat seseorang terlihat semakin bercahaya dan penuh wibawa. Kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lebih disayangi, dihormati dan dihargai banyak orang.

Hal itu disampaikan hadis yang menyatakan: “Orang-orang yang hebat dalam membaca al-Quran akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan dan taat pada Allah SWT dan orang orang yang terbata-bata membaca Al-Quran lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala,” (HR Bukhari)



10. Membuat Seseorang Menjadi Berprilaku Mulia

Membaca Al-Qur'an dengan hati yang tenang dan rasa yang bahagia dapat mengubah seseorang yang semula berprilaku tidak baik menjadi lebih baik.

Rasullulah SAW pernah bersabda: “Sebaik-baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Al-Quran serta mengajarkannya pada orang lain.” (HR Bukhari)”

11. Agar Selamat Duniat dan Akhirat

Rajin membaca Al-Qur'an dengan hati yang ikhlas dapat menyelamatkan dirinya dari kejahatan yang terlihat dan tidak terlihat dan kesengsaraan selama di dunia dan akhirat, semua itu terwujud karena Allah SWT melindunginya.

Rasullulah bersabda bahwa: “Ibadah yang paling berkah dan istimewa adalah membaca dan mempelajari al-Quran serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari bahkan pada tiap satu ayatnya yang telah dibaca mengandung 10 kebaikan dan ajaran kebenaran didalamnya.“

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2226 seconds (0.1#10.140)