Berikut Ini Khasiat Surat Al-Qamar Menurut Sayyid Al-Muqaddam

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 12:17 WIB
loading...
Berikut Ini Khasiat Surat Al-Qamar Menurut Sayyid Al-Muqaddam
Mengamalkan surat Al-Qarmar akan diperhatikan dan dicintai orang lain. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Al-Qamar , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang menulisnya pada hari Jumat saat salat Zuhur dan meletakkannya di bawah surbannya maka dia akan menjadi orang yang disukai dan diterima oleh berbagai golongan.

Hal yang sama juga terdapat dalam Tafsirul Burhan. Disebutkan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, “Barangsiapa yang menulisnya (Surat Al-Qamar) di hari Jumat ketika waktu zuhur dan menggantungkan di sorbannya, atau mengalungkannya, maka ia akan diperhatikan dan dicintai orang lain.”



Selanjutnya, juga dinyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Qamar), maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat dengan wajah laksana bulan di malam purnama, berpancar di muka para makhluk."

"Barangsiapa yang membaca setiap malam, maka itu lebih utama dan barangsiapa yang menulisnya di hari Jumat waktu salat Zuhur (salat Jumat), lalu meletakannya di sorbannya, atau menjadikannya kalung, maka tujuan dan apa pun yang diinginkannya dapat tercapai.”

Sedangkan dalam kitab Tsawabul A’mal disebutkan Rasulullah SAW telah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat iqtarabatis-sa’ah (Al-Qamar), maka Allah akan mengeluarkannya dari kuburnya dengan menaiki unta dari surga.”

Al-Qamar artinya “bulan”. Surat ini terdiri atas 55 ayat, termasuk dalam golongan surat Makkiyyah, dan diturunkan sesudah surat Ath-Thur. Ia dimberi nama Surat Al-Qamar karena merujuk pada lafaz al-qamar yang terdapat pada ayat pertama. Pada ayat ini menjelaskan tentang terbelahnya bulan sebagai mukjizat Nabi Muhammad SAW.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)