Khasiat Surat Al-Mujadilah, Bisa Jadi Wasilah untuk Sembuhkan Berbagai Penyakit

Senin, 14 Agustus 2023 - 12:15 WIB
loading...
Khasiat Surat Al-Mujadilah, Bisa Jadi Wasilah untuk Sembuhkan Berbagai Penyakit
Dibacakan pada orang yang sakit dan dapat  menyembuhkannya.  Ilustrasi: Ist
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Al-Mujadilah , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan dibacakan pada orang yang sakit dan dapat menyembuhkannya.

"Jika seseorang membacanya dengan niat menjaga barang simpanannya maka barang simpanan itu akan terjaga. Dan jika diletakkan bersama biji-bijian maka dia tidak akan rusak; dan barangsiapa yang membacanya dia akan terjaga dari segala kejahatan," ujar Al-Muqaddam.



Hal yang sama juga terdapat dalam Tafsirul Burhan. Disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Mujadilah), maka Allah akan mengampuninya termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung.

"Dan barangsiapa yang menulisnya, dan mengalungkannya kepada orang yang sakit, atau membacakannya, maka penyakit akan reda (sembuh, hilang). Dan jika dibacakan atas sesuatu (harta/benda) yang dipendam atau dijaga, maka ia akan aman sampai pemiliknya mengeluarkannya.”

Selanjutnya juga disebutkan sebagai wasilah agar memperoleh keamanan dalam perjalanan. Imam Ash-Shadiq telah berkata, “Barangsiapa yang membacanya ketika sakit, maka ia dapat meredakan sakit itu. Dan ketika membacanya secara istikamah, di malam dan siang hari, maka ia akan aman di setiap jalan (saat bepergian). Dan jika ia dibaca atas sesuatu yang disimpan, atau dipendam, maka akan sampai dikeluarkan dari tempat itu.”

Al-Mujadilah artinya “wanita yang mengajukan gugatan”. Surat ini terdiri atas 22 ayat, termasuk dalam golongan surat Madaniyyah, dan diturunkan setelah Surat Al-Munafiqun.

Ia dinamakan Mujadilah, karena merujuk pada ayat awal pada surat ini. dalam Surat Al-Mujadilah, disebutkan tentang gugatan seorang wanita terhadap suaminya yang telah men-zihar-nya. Hal ini pun disampaikan kepada Rasulullah Saw., dan ia menuntut agar beliau memberikan putusan yang adil. Selain itu, Surat Al-Mujadilah juga dinamakan dengan Al-Mujadalah yang artinya “perbantahan”.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)