3 Contoh Doa Upacara 17 Agustus 2023

Rabu, 16 Agustus 2023 - 09:07 WIB
loading...
3 Contoh Doa Upacara 17 Agustus 2023
Doa upacara 17 Agustus 2023 kerap dilakukan baik menggunakan bahasa Arab atau Indonesia sebagai bentuk rasa syukur terhadap segala nikmat yang telah diberikan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa upacara 17 Agustus 2023 kerap dilakukan baik menggunakan bahasa Arab atau Indonesia sebagai bentuk rasa syukur terhadap segala nikmat yang telah diberikan.

Pembacaan doa memang telah jadi salah satu susunan agenda yang dilakukan ketika menjalankan upacara di Indonesia. Sebagai bentuk filosofis bahwa bangsa ini adalah negara berketuhanan sebagaimana tertera dalam sila pertama Pancasila.

Ketika upacara bendera dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun RI pada 17 Agustus, biasanya pembacaan doa dilakukan pada saat menjelang upacara berakhir atau dimulai.

Doa ini umumnya berisikan tentang rasa syukur bangsa Indonesia yang telah diberikan nikmat kemerdekaan dan kebebasan dari tangan penjajah.

3 Doa Upacara 17 Agustus 2023

Berikut ini tiga contoh dari doa upacara 17 Agustus 2023 yang bisa menjadi referensi dalam penyusunan doa nantinya.

1. Contoh Pertama

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa

Dengan penuh ketenangan dan kesejukan hati, kami seluruh bangsa Indonesia mempersembahkan puji, puja dan syukur kehadirat-Mu, atas kasih sayang dan anugerah karunia-Mu, Engkau telah membebaskan bangsa kami dari penjajahan mengaruniai kemerdekaan untuk bangsa dan negara kami.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,

Di bawah naungan kasih sayang-Mu lalu didorong oleh keinginan luhur para pejuang dan bangsa kami, kembali pada hari ini, Kamis 17 Agustus 2023 kami bangsa Indonesia bertafakur dan memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, dalam rida dan perlindungan-Mu jua.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Melihat dan Maha Mendengar,

Banyak sudah yang telah kami perbuat dalam segala aspek kehidupan untuk mengisi rahmat kasih sayang dan anugerah kemerdekaan yang engkau berikan, utamanya dalam meningkatkan kesejahteraan, kemakmuran, dan pembangunan.

Namun, kami juga menyadari masih banyak yang belum selesai dan tuntas kami wujudkan sesuai cita-cita para pejuang, pendahulu kami yang sangat luhur dan mulia.

Ya Allah! Berilah kami kekuatan dan kemampuan bekerja mengayomi dan membangun bangsa yang taat beragama, berakhlak mulia, rukun, damai dan ceria bersama.

Ya Allah! Bimbing kami dan tanamkanlah dalam hati dan jiwa kami semangat persaudaraan yang berkah, persatuan dan kesatuan yang kokoh.

Ya Allah! Mudahkanlah dan tunjukkan kami untuk membina dan membangun generasi bangsa yg beriman, sehat, kuat, cerdas, inovatif, kreatif, unggul dan berkemajuan.

Ya Allah! Mudahkanlah bagi kami mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, sejahtera lahir batin, berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Ya Allah! Lindungi bangsa kami dari segala kesusahan, ketakutan, kesempitan hidup, musibah, bencana dan perpecahan.

Hanya kepada engkau kami menyembah dan hanya kepada engkau kami memohon pinta pertolongan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun,

Ampunilah segala dosa kami, dosa ibu dan ayah kami, dosa guru-guru kami, dosa para pemimpin kami, dan dosa para pejuang kami.

Ya Allah, ya Tuhan kami. Hiasilah kehidupan sehari-hari rakyat dan bangsa kami dengan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan yang suci lagi terpuji, dan wafatkan kami dalam keadaan tenang bersama orang-orang yang penuh dengan kebaikan.

2. Contoh Kedua

Ya Allah, Tuhan yang Maha Esa,

Dengan segala kerendahan hati, kami seluruh bangsa Indonesia bersimpuh, dan mengangkat tangan mempersembahkan puji dan syukur ke hadirat-Mu atas karunia dan nikmat kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke-78 tahun 2023.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2094 seconds (0.1#10.140)