Surat az-Zumar: Kandungan, Manfaat dan Keutamaan

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 16:30 WIB
loading...
Surat az-Zumar: Kandungan, Manfaat dan Keutamaan
Dinamakan Az-Zumar para rombongan karena perkataan Az-Zumar yang terdapat pada ayat 71 dan 73 surat ini. Foto/SINDOnews
A A A
Surat Az-Zumar memiliki kandungan dan manfaat bagi yang istiqamah membacanya. Surat ke-39 dalam mushaf Al-Qur'an ini terdiri 75 ayat ini.

Surat ini termasuk golongan surat-surat Makkiyyah, diturunkan sesudah Surat Saba'. Dinamakan Az-Zumar (rombongan-rombongan) karena perkataan Az-Zumar yang terdapat pada ayat 71 dan 73 ini.

Dalam ayat tersebut diterangkan keadaan manusia di hari Kiamat setelah mereka dihisab. Pada waktu itu mereka terbagi atas dua rombongan; satu rombongan dibawa ke neraka dan satu rombongan lagi dibawa ke syurga. Masing- masing rombongan memperoleh balasan dari apa yang mereka kerjakan di dunia dahulu.

Surat ini dinamakan juga Al-Ghuraf (kamar-kamar) berhubung perkataan ghuraf yang terdapat pada ayat 20, dimana diterangkan keadaan kamar-kamar dalam surga yang diperoleh orang-orang yang bertakwa.

Kandungan
Kandungan Surat Az-Zumar pada hakikatnya menerangkan tentang Tauhid dan kekuasaan Allah mencipatkan langit dan bumi. Berikut isi kandungannya:
1. Terdapat dalil-dalil tentang keesaan Allah.
2. Kisah para Malaikat yang berkumpul di sekeliling 'Arsy dan bertasbih kepada Robnya.
4. Menceritakan tentang dahsyatnya Hari Kiamat. Setiap orang memiliki catatan amal perbuatannya masing-masing.
5. Perintah memurnikan ketaatan kepada Allah.
6. Larangan berputus asa terhadap rahmat Allah.
7. Menjelaskan keadaan orang-orang musyrik dalam keadaan suka dan duka
8. Janji Allah kepada orang-orang yang bertaubat.

Keutamaan Surat Az-Zumar

Bacaan Rasulullah ﷺ Setiap Malam
Dalam satu riwayat disebutkan bahwa:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ كُلَّ لَيْلَةٍ بِبَنِي إِسْرَائِيلَ، وَالزُّمَرِ

Artinya: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membaca setiap malam Surat Bani Israil (Al-Israa') dan Surat Az-Zumar." (HR Ahmad: Hadis Hasan)

Rwayat lain dengan redaksi: "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak tidur sampai membaca Surat Az-Zumar dan Bani Israil (Al-Israa')." (HR at-Tirmidzi)

Manfaat Surat Az-Zumar

1. Wasilah Agar Terhindar dari Musibah Tenggelam di Laut
Surat Az-Zumar bisa dijadikan wasilah atau doa agar terhindar dari musibah tenggelam ketika menaiki kapal. Caranya dengan membaca Surat Az-Zumar ayat 67 berikut bacaannya:

وَمَا قَدَرُوْا اللّٰهَ حَقَّ قَدۡرِهٖ ‌ۖ وَالۡاَرۡضُ جَمِيۡعًا قَبۡضَتُهٗ يَوۡمَ الۡقِيٰمَةِ وَالسَّمٰوٰتُ مَطۡوِيّٰتٌۢ بِيَمِيۡنِهٖ‌ ؕ سُبۡحٰنَهٗ وَتَعٰلٰى عَمَّا يُشۡرِكُوۡنَ

Wa maa qadarul laaha haqqa qadrihii wal ardu jamii'an qabdhatuhuu Yawmal Qiyaamit wassamaawaatu mathwiyyaatum biyamiinih; Subhaanahuu wa Ta'aalaa 'amma yusyrikuun.

2. Wasilah Atau Pelindung dari Orang-orang Jahat
Surat ini juga memiliki faedah bisa sebagai wasilah atau doa agar membuat takut orang yang memusuhi, atau orang-orang yang hendak berbuat jahat kepada kita. Adapun caranya dengan membaca Surat Az-Zumar ayat 68-69. Berikut bacaannya:

وَنُفِخَ فِى الصُّوْرِ فَصَعِقَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗ ثُمَّ نُفِخَ فِيْهِ اُخْرٰى فَاِذَا هُمْ قِيَامٌ يَّنْظُرُوْنَ

وَاَشْرَقَتِ الْاَرْضُ بِنُوْرِ رَبِّهَا وَوُضِعَ الْكِتٰبُ وَجِايْۤءَ بِالنَّبِيّٖنَ وَالشُّهَدَاۤءِ وَقُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالْحَقِّ وَهُمْ لَا يُظْلَمُوْنَ


Itulah kandungan, manfaat dan keutamaan membaca Surat Az-Zumar. Bagi yang ingin membaca surta ini, bisa langsung membuka link ini: Surat Az-Zumar Lengkap . Semoga bermanfaat

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)