7 Fadilah Surat Al An'am 103, Salah Satunya Bisa Datangkan Hujan

Jum'at, 27 September 2024 - 07:26 WIB
loading...
7 Fadilah Surat Al Anam...
Terdapat tujuh fadilah Surat Al Anam 103 jika menganut pada kitab Syamsul A’immah. Surat Al Anam adalah surah ke-6 dalam Al Quran yang terdiri dari 165 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah. Foto ilustrasi/ist
A A A
Terdapat tujuh fadhilah Surat Al An'am 103 jika menganut pada kitab Syamsul A’immah. Surat Al An'am adalah surah ke-6 dalam Al Quran yang terdiri dari 165 ayat dan termasuk golongan surah Makkiyah.

Surat Al-An’am ayat 103 sebenarnya menjelaskan tentang sifat Allah SWT yang tidak bisa dilihat. Sebab, Allah bersifat immateril, sehingga tidak bisa dijangkau oleh penglihatan manusia.

Allah SWT Berfirman :

لَا تُدۡرِكُهُ الۡاَبۡصَارُ وَهُوَ يُدۡرِكُ الۡاَبۡصَارَ‌ۚ وَهُوَ اللَّطِيۡفُ الۡخَبِيۡرُ


Laa tudrikuhul absaaru wa Huwa yudrikul absaara wa huwal Latiiful Khabiir

Artinya : "Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu, dan Dialah Yang Mahahalus, Mahateliti."

Surat Al-An’am ayat 103 mengandung pujian dan kesempurnaan. Allah adalah zat yang Mahatinggi, sehingga harus dipuji dengan sesuatu yang melekat pada ketiadaan mutlak.

Allah tetap bisa dilihat, tetapi tidak bisa dilihat dan dicapai oleh penglihatan mata biasa. Ini karena keagungan dan kemuliaan yang melekat pada-Nya.

Allah menjelaskan hakikat dan keagungan diri-Nya sebagai penegasan dari sifat-sifat-Nya yang telah dijelaskan dalam ayat tersebut. Dzat-Nya Yang Agung tidak dapat dijangkau oleh indera manusia, karena indera manusia itu memang diciptakan dalam susunan yang tidak siap untuk melihat Dzat-Nya.

Namun ketentuan ini hanya berlaku di dunia. Sebab, di akhirat kelak manusia yang beriman akan diberikan keistimewaan untuk melihat Allah SWT. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan ini. Kalian tidak akan kesulitan (ragu) ketika melihatnya. Jika kalian mampu untuk tidak ketinggalan shalat sebelum terbitnya fajar dan sebelum terbenamnya matahari maka lakukanlah.” (HR. Bukhari)

7 Fadilah Surat Al An'am 103

Surat Al An'am ayat 103 ini diyakini memiliki keutamaan atau fadhilah yang besar bagi kehidupan setiap umat muslim. Dalam kitab Syamsul A’immah disebutkan jika fadhilah surat Al An'am adalah sebagai berikut :

1. Membaca tujuh kali ayat ini akan dimudahkan segala urusan rezekinya.

2. Membaca ayat ini sembilan kali akan diselamatkan dari berbagai fitnah.

3. Membaca ayat ini 300 kali di dalam masjid adalah permohonan untuk meminta hujan pada Allah SWT.

4. Membaca ayat ini sambil berjalan maka akan membuat setiap muslim kuat dalam menghadapi ujian dan cobaan.

5. Membaca ayat ini 70 kali maka dapat membuat seorang pembacanya disayang atau disukai seseorang.

6. Membaca ayat ini pada air yang berada di mangkuk atau piring berwarna putih, lalu minumkan pada orang yang dikehendaki maka dapat membuatnya selamat dari berbagai bencana.

7. Ayat ini juga dipercaya manjur bagi kaum Adam yang hendak melakukan prosesi lamaran.

Perlu dicatat jika fadilah surat Al An'am di atas ini masih dipertanyakan kebenarannya. Sebab memang tidak ada dalil yang mendukung berbagai praktek tersebut.

(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)