Kapan Sebaiknya Membaca Surat Al Waqiah? Begini Petunjuk Hadis

Senin, 21 Agustus 2023 - 13:58 WIB
loading...
Kapan Sebaiknya Membaca Surat Al Waqiah? Begini Petunjuk Hadis
Kapan sebaiknya membaca Surat Al-Waqiah? IlustrasI: SINDOnews
A A A
Kapan sebaiknya membaca surat Al Waqiah ? Sejumlah hadis menginformasikan sebaiknya dilakukan sesering mungkin, saban malam hari. Namun ada juga hadis yang menyebut cukup pada malam Jumat saja. Dalam kitab Tsawabul A’mal disebutkan bahwa Abi Abdullah berkata Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Barangsiapa yang membaca surat Surat Al-Waqi’ah di setiap malam Jumat . Maka Allah mencintainya dan menjadikan seluruh umat manusia mencintainya.”



Berikut ini dalil-dalil yang menyebutkan mengenai waktu yang terbaik dalam mengamalkan Surat Al Waqiah.

1. Hadis diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يَقُولُ: "مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا


Dari Abdullah ibnu Mas'ud yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.

2. Hadis semisal diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud

عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ؛ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى الله عليه وسلم قَالَ: "مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ، لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا


Dari Ibnu Mas'ud, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: "Barangsiapa membaca surat Al-Waqiah setiap malamnya, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya."



3. Hadis diriwayatkan dari Ibnu Asakir

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ، لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا


'Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi'ah setiap malam, niscaya tidak akan terkena kemiskinan selamanya'.” (HR. Ibnu Asakir)

4. Hadis membaca Surat Al Waqiah saat salat subuh Imam Ahmad meriwayatkan dari Jabir ibnu Samurah yang mengatakan bahwa dahulu Rasulullah SAW dalam salat subuhnya membaca surat Al-Waqiah dan surat-surat lainnya yang semisal.

Al-Waqi’ah artinya “hari kiamat”. Surat Al-Waqi’ah terdiri atas 96 ayat, termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah, dan diturunkan setelah surat Thaha. Ia dinamakan Surat Al-Waqi’ah karena merujuk pada lafaz waqi’ah yang terdapat pada ayat pertama.

Surat Al-Waqiah juga dikenal sebagai salah satu surat yang dikenal sebagai surat penuh berkah. Keberkahannya mampu melenyapkan kemiskinan dan mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang rutin membacanya setiap hari. Oleh karena itu, surat ini menjadi populer sebagai surat pembuka pintu rezeki.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)