Wajibnya Berhijab di Rumah Dalam Kondisi Tertentu

Kamis, 30 Juli 2020 - 15:33 WIB
loading...
Wajibnya Berhijab di Rumah Dalam Kondisi Tertentu
Ada kondisi tertentu yang mewajibkan seorang muslimah tetap harus memakai hijabnya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Allah telah menyempurnakan syariat agama Islam agar setiap muslim dapat menjalankan ajaran agama dengan baik. Dalam surat Al Maidah ayat 3 Allah berfirman, "Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu."

Dengan telah sempurnanya syariat Islam , maka tidak ada alasan bagi umat Islam untuk tidak menjalankan syariat agama yang dibawa Rasulullah Shallallahi 'Alaihi wa sallam ini dengan maksimal.

Termasuk dalam kehidupan rumah tangga , Allah dan Rasul-Nya telah memberikan kaidah agar tercapai hubungan suami istri yang baik. Menjadi istri yang saleha adalah termasuk yang dituntunkan oleh Islam. Rasulullah Shallallahi alaihi wa sallam menyebutkan ada tiga perkara yang merupakan sebaik-baiknya harta bagi kehidupan, salah satunya adalah istri yang saleha. Hal ini tertera di hadis yang diriwayatkan Ibnu Majah :

لِيَتَّخِذْ أَحَدُكُمْ قَلْبًا شَاكِرًا وَلِسَانًا ذَاكِرًا وَزَوْجَةً مُؤْمِنَةً تُعِينُ أَحَدَكُمْ عَلَى أَمْرِ الْآخِرَةِ

“Hendaknya salah seorang dari kalian mengambil harta simpanan berupa hati yang bersyukur, lisan yang berzikir, dan isteri mukminah (saleha) yang menaungi kehidupan yang menolong salah seorang dari kalian dalam urusan akhiratnya.” (HR. Ibnu Majah). (Baca juga : Inilah Penampilan Terbaik Muslimah Saat Salat Ied )

Hadis tersebut telah menjelaskan bahwa salah satu harta yang terbaik adalah istri saleha . Yakni istri yang senantiasa berpikir bagaimana ia berusaha menaati suaminya dalam kebaikan dan membantu suaminya dalam ketaatan. Itulah seindah-indahnya perhiasan dunia, yang Rasulullah Shallallahi alaihi wa sallam juga menyebutkan dalam hadis :

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

“Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita saleha.” (HR. Muslim). Istri yang saleha adalah yang senantiasa berpikir bagaimana ia berbakti kepada suaminya. Istri yang saleha adalah yang berusaha bagaimana menjadikan suaminya sebagai jalan dirinya untuk masuk kepada surga-Nya Allah Ta'ala.

Kepada setiap muslimah, maka hendaknya menjaga dirinya agar menjadi wanita yang saleha bagi dirinya sendiri dan keluarganya, terutama suaminya. Apalagi menjadi istri saleha juga merupakan salah satu syiar Islam. Dan menegakkan syiar Islam termasuk dalam kategori menolong agama Allah. Istri yang saleha adalah cerminan dakwah di dalam rumah.

Allah Ta'ala berfirman :

“Dan sungguh Allah benar-benar akan menolong orang yang membela (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa. Mereka itu adalah orang-orang yang apabila kami berikan keteguhan di atas muka bumi ini, mereka mendirikan salat, menunaikan zakat, memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari yang mungkar. Dan milik Allah-lah akhir dari segala urusan.” (QS. Al-Hajj: 40-41)⁣

Ayat yang mulia ini juga menunjukkan bahwa barangsiapa yang mengaku membela agama Allah namun tidak memiliki ciri-ciri seperti yang disebutkan (mendirikan salat, menunaikan zakat, memerintahkan yang ma’ruf dan melarang yang mungkar) maka dia adalah pendusta (Tafsir Al-Karim Ar-Rahman).⁣ Ayat tersebut juga menegaskan pentingnya melakukan hal yang ma'ruf di mana saja berada. Bagi seorang istri, menjaga aurat di dalam rumah (dalam keadaan tertentu) termasuk dari hal yang ma'ruf dan tuntunan syariat.

Lantas, apakah penting seorang perempuan atau seorang istri menjaga aurat atau berhijab di rumah dalam kondisi tertentu? Jawabnya adalah sangat penting. Karena menjaga aurat termasuk hal dasar yang telah diatur dalam Al-Qur'an. Karena itulah, perempuan muslimah perlu mengetahui beberapa situasi yang mengharuskan perempuan berhijab walaupun di rumah.

Al-Qur'an dan Sunah telah merumuskan kepada siapa saja muslimah wajib menyempurnakan hijabnya meski berada di rumah.

1. Ipar

Banyak sekali yang belum memahami hal ini. Banyak keluarga muslim yang tidak hati-hati terhadap persoalan ipar. Terkadang, ada pasangan keluarga muslim yang dalam kondisi keuangan belum memungkinkan sehingga harus tinggal bersama mertua, padahal masih ada saudara laki-laki suami. (Baca juga : Bolehkah Perempuan Ikut Bertakbiran dan Bagaimana Tata Caranya? )

“Janganlah kalian menjumpai wanita - wanita (yang bukan mahram).” Ada seorang bertanya,” Ya Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam, bagaimana (hukumnya) dengan ipar? “Beliau bersabda,” Saudara ipar adalah Maut.” (Muttafaq alaih)

2. Anak keponakan

Para muslimah harus menjaga agar tidak nampak auratnya pada anak keponakan. Apalagi di masyarakat sering terjadi seorang suami membawa anak keponakan atau anak paman yang masih sekolah atau kuliah, dengan alasan balas jasa atau menghemat keuangan karena tidak perlu mengkos.

3. Pembantu atau anak buah kerja

Sering juga terjadi dalam masyarakat islam bahwa ada keluarga yang punya usaha home industry, lalu memperkerjakan para pemuda di rumah. Anak buah laki-laki kerja di rumah bahkan ada yang tinggal di rumah. Sehingga tak jarang para pekerja pemuda itu bisa berlalu lalang dalam rumah. Maka muslimah harus menyadari agar menjaga hijabnya.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2792 seconds (0.1#10.140)