alexametrics

Wajibnya Berhijab di Rumah Dalam Kondisi Tertentu

loading...
Wajibnya Berhijab di Rumah Dalam Kondisi Tertentu
Ada kondisi tertentu yang mewajibkan seorang muslimah tetap harus memakai hijabnya. Foto ilustrasi/ist
Allah telah menyempurnakan syariat agama Islam agar setiap muslim dapat menjalankan ajaran agamadengan baik. Dalam surat Al Maidah ayat 3 Allah berfirman, "Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu."

Dengan telah sempurnanya syariat Islam, maka tidak ada alasan bagi umat Islam untuk tidak menjalankan syariat agama yang dibawa Rasulullah Shallallahi 'Alaihi wa sallam ini dengan maksimal.

Termasuk dalam kehidupan rumah tangga, Allah dan Rasul-Nya telah memberikan kaidah agar tercapai hubungan suami istri yang baik. Menjadi istri yang saleha adalah termasuk yang dituntunkan oleh Islam. Rasulullah Shallallahi alaihi wa sallam menyebutkan ada tiga perkara yang merupakan sebaik-baiknya harta bagi kehidupan, salah satunya adalah istri yang saleha. Hal ini tertera di hadis yang diriwayatkan Ibnu Majah :

لِيَتَّخِذْ أَحَدُكُمْ قَلْبًا شَاكِرًا وَلِسَانًا ذَاكِرًا وَزَوْجَةً مُؤْمِنَةً تُعِينُ أَحَدَكُمْ عَلَى أَمْرِ الْآخِرَةِ



“Hendaknya salah seorang dari kalian mengambil harta simpanan berupa hati yang bersyukur, lisan yang berzikir, dan isteri mukminah (saleha) yang menaungi kehidupan yang menolong salah seorang dari kalian dalam urusan akhiratnya.” (HR. Ibnu Majah). (Baca juga : Inilah Penampilan Terbaik Muslimah Saat Salat Ied)

Hadis tersebut telah menjelaskan bahwa salah satu harta yang terbaik adalah istri saleha. Yakni istri yang senantiasa berpikir bagaimana ia berusaha menaati suaminya dalam kebaikan dan membantu suaminya dalam ketaatan. Itulah seindah-indahnya perhiasan dunia, yang Rasulullah Shallallahi alaihi wa sallam juga menyebutkan dalam hadis :



الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

“Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita saleha.” (HR. Muslim). Istri yang saleha adalah yang senantiasa berpikir bagaimana ia berbakti kepada suaminya. Istri yang saleha adalah yang berusaha bagaimana menjadikan suaminya sebagai jalan dirinya untuk masuk kepada surga-Nya Allah Ta'ala.

Kepada setiap muslimah,maka hendaknya menjaga dirinya agar menjadi wanita yang saleha bagi dirinya sendiri dan keluarganya, terutama suaminya. Apalagi menjadi istri saleha juga merupakan salah satu syiar Islam. Dan menegakkan syiar Islam termasuk dalam kategori menolong agama Allah. Istri yang saleha adalah cerminan dakwah di dalam rumah.
halaman ke-1 dari 4
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
قُلۡ يٰعِبَادِىَ الَّذِيۡنَ اَسۡرَفُوۡا عَلٰٓى اَنۡفُسِهِمۡ لَا تَقۡنَطُوۡا مِنۡ رَّحۡمَةِ اللّٰهِ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ يَغۡفِرُ الذُّنُوۡبَ جَمِيۡعًا‌ ؕ اِنَّهٗ هُوَ الۡغَفُوۡرُ الرَّحِيۡمُ
Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Az-Zumar:53)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak