3 Amalan Melancarkan Urusan dan Mendatangkan Rezeki

Senin, 28 Agustus 2023 - 23:16 WIB
loading...
3 Amalan Melancarkan Urusan dan Mendatangkan Rezeki
Tiga amalan yang dapat melancarkan segala urusan dan mendatangkan rezeki ini bisa diamalkan oleh kaum muslim. Foto/SINDOnews
A A A
Semua orang pasti menginginkan rezeki dan dimudahkan dalam segala urusan. Berikut ini tiga amalan untuk melancarkan urusan dan mendatangkan rezeki.

Sebelum mengulas tiga amalan tersebut, ada baiknya kita simak firman Allah berikut:

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا, وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

Artinya: "Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya." (Surat Ath-Tholaq ayat 2-3)

Tiga Amalan Melancarkan Urusan
Pengasuh Ponpes Darut Tauhid Bandung KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dalam satu kajian di Masjid Darut Tauhid, Jakarta Selatan beberapa waktu silam menerangkan tiga amalan untuk melancarkan segala urusan dan hajat.

1. Memperbanyak Istighfar
Kata Aa Gym, kalau ingin dimudahkan urusannya, salah satu amalannya yaitu memperbanyak istighfar. Hendaknya seorang muslim membaca istighfar 1.000 kali dalam sehari. Kenapa? Karena Rasulullah ﷺ saja yang ma'shum (terjaga dari dosa dan kesalahan) beristighfar dan bertaubat kepada Allah 100 kali sehari. Riwayat lain 70 kali.

Salah satu bacaan singkat istighfar dan taubat: "Astaghfirullaha wa atuubu ilaih". Artinya, aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya. (HR Al-Bukhari)

Dalam Kitab Al-Musnad disebutkan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: "Barangsiapa banyak beristighfar (memohon ampunan), maka Allah akan menjadikan baginya setiap kesusahan menjadi kemudahan, setiap kesempitan menjadi kelapangan, dan akan Dia karuniai rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka."

2. Memperbanyak Sholawat
Selain istighfar, amalan lain yaitu memperbanyak sholawat dan salam kepada Baginda Rasulullah ﷺ. Setiap 1 kali Sholawat yang kita baca, akan dibalas 10 kali oleh Allah Ta'ala. Orang yang banyak bersholawat akan dimudahkan urusannya oleh Allah Ta'ala. Selain itu juga mendapat syafa'at dari Rasulullah ﷺ.

Berikut bacaan sholawat pendek:
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli 'alaa Sayyidina Muhammadin wa 'alaa Aali Sayyidina Muhammad.

3. Bersedekah Atau Membantu Orang Lain
Amalan ketiga adalah memperbanyak sedekah dan senang membantu orang lain. Kata Aa Gym, seorang muslim harus proaktif berbuat kebaikan, jangan menunggu untuk berbuat baik. Misalnya, ketika melihat ada yang mendorong motornya karena bensinnya habis, kita langsung bantu menolongnya. Kalau kita bersedekah kita akan ditolong Allah dan yang disedekahkan juga akan tertolong.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi bersabda: "Barangsiapa yang menghilangkan kesusahan orang mukmin, maka Allah akan menghilangkan kesusahannya di hari kiamat. Barangsiapa yang memberi kemudahan orang yang kesulitan (utang), maka Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat..." (HR Muslim)

Itulah tiga amalan yang dapat melancarkan segala urusan dan mendatangkan rezeki sebagaimana disampaikan Aa Gym dalam kajiannya. Semoga kita diberi taufik agar bisa mengamalkannya.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)