Khasiat Surat Al-Lail, Bacakan Orang yang Pingsan InsyaAllah Sadar

Kamis, 31 Agustus 2023 - 18:41 WIB
loading...
Khasiat Surat Al-Lail, Bacakan Orang yang Pingsan InsyaAllah Sadar
Jika dibacakan di telinga orang yang pingsan maka dia akan sadar. Ilustrasi: honestdocs
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan Surat Al-Lail , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan jika dibacakan di telinga orang yang pingsan maka dia akan sadar.

Dalam Tafsirul Burhan juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Lail), maka Allah akan memberinya hingga ia merasa puas, menghilangkan kesulitannya, memberinya kemudahan, dan memberinya kekayaan. Dan barangsiapa yang membacanya sebanyak lima belas kali sebelum tidur, maka ia tidak akan melihat dalam tidurnya (dalam mimpi), kecuali yang disukai dan tidak akan melihat hal-hal buruk. Dan barangsiapa yang salat dengan membacanya di waktu Isya akhir, maka seakan-akan ia salat dengan seperempat (Al-Qur’an) dan salatnya pun diterima.”



Dalam kitab yang sama juga dinyatakan bahwa dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membacanya (Surat Al-Lail), maka Allah memberikan karunia kepadanya hingga ia merasa puas, menghilangkan kesulitannya, dan memberinya kemudahan. Dan barangsiapa yang membacanya ketika hendak tidur sebanyak dua puluh kali, maka ia tidak akan bermimpi, kecuali (mimpi) baik, dan tidak akan bermimpi buruk selamanya. Dan barangsiapa yang salat dengan membacanya di waktu Isya akhir, maka seakan-akan ia akan membaca seluruh Al-Qur’an dan salatnya diterima.”

Ash-Shidiq berkata, “Barangsiapa yang membacanya selama lima belas kali, maka ia tidak akan melihat sesuatu yang dibencinya, tidur dengan nyenyak, dan Allah akan melindunginya. Dan barangsiapa yang membacanya pada telinga orang yang pingsan, maka ia akan sadar dengan cepat.”

Al-Lail sendiri artinya adalah “malam”. Surat yang terdiri atas 21 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-A’la. Ia diberi nama Surat Al-lail karena merujuk pada lafaz al-lail yang terdapat pada ayat pertama dari surat ini.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3069 seconds (0.1#10.140)