Begini Khasiat Surat Al-Adiyat, Salah Satunya Wasilah Mempercepat Melunasi Utang

Senin, 04 September 2023 - 19:05 WIB
loading...
Begini Khasiat Surat Al-Adiyat, Salah Satunya Wasilah Mempercepat Melunasi Utang
Membaca surat ini dapat menyelamatkan orang  yang takut, orang yang lapar, orang yang haus, dan orang yang utang. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan Surat Al-Adiyat , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan membaca surat ini dapat menyelamatkan orang yang takut, orang yang lapar, orang yang haus, dan orang yang utang.



Dalam "Tafsirul Burhan" juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-'Adiyat), maka ia akan diberi pahala seperti pahala orang yang membaca Al-Qur’an, dan barangsiapa yang membacanya dengan istikamah, sedangkan ia memiliki utang, maka Allah akan menolongnya untuk melunasi utang tersebut dengan sangat cepat.”

Dalam kitab yang sama juga dinyatakan bahwa Ash-Shidiq berkata: “Barangsiapa yang membacanya (Surat Al-'Adiyat) kepada orang yang takut, maka ia akan aman dari ketakutannya, membacanya kepada orang yang lapar, maka ia tenang dari rasa laparnya, dan orang yang kehausan, maka ia akan tenang dari rasa hausnya. Lalu ketika orang yang berutang membacanya secara istikamah, maka Allah akan melunasi utangnya, dengan izin Allah.”



Sedangkan dalam kitab "Tsawabul A’mal" disampaikan bahwa Abi Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-'Adiyat secara istikamah, maka Allah akan membangkitkannya bersama amirul mukminin secara khusus, ia berada di samping dan dekatnya.”

Al-‘Adiyat sendiri artinya adalah “kuda perang yang berlari kencang”. Surat yang terdiri atas 11 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-‘Ashr. Ia diberi nama Surat Al-'Adiyat karena merujuk pada lafaz al-‘adiyat yang terdapat pada ayat pertama.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2331 seconds (0.1#10.140)