Solusi Problem Rumah Tangga dengan Memperbanyak Istighfar, Yuk Amalkan!

Selasa, 05 September 2023 - 15:54 WIB
loading...
Solusi Problem Rumah Tangga dengan Memperbanyak Istighfar, Yuk Amalkan!
Islam dan syariatnya adalah solusi bagi kehidupan rumah tangga. Bahkan, Allah Subhanahu wa taala sudah memberikan kunci penghapus dosa. Pembersih kotoran atau dosa itu adalah Istighfar . Foto ilustrasi/ist
A A A
Dalam sebuah rumah tangga, memiliki potensi kedatangan dosa. Potensi-potensi dosa itu kerap ditiupkan setan dalam setiap rumah tangga. Padahal, setiap dosa menyebabkan kotornya hati.

Ada banyak sekali problem-problem di rumah tangga yang bisa menyulut ketidakberkahan. Karena itulah, baik suami maupun istri harus saling instropeksi. Hadirkan Allah dalam setiap masalah dan problem rumah tangga.

Islam dan syariatnya adalah solusi bagi kehidupan rumah tangga. Bahkan, Allah Subhanahu wa ta'ala sudah memberikan kunci penghapus dosa. Pembersih kotoran atau dosa itu adalah Istighfar .

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

"Dari Abu Hurairah Radhiyallaahu Anhu ia berkata: Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya seorang Mukmin jika berdosa akan ditandai titik hitam pada hatinya. Jika ia bertaubat, mencabut kemaksiatannya dan beristighfar, maka hatinya akan mengilap. Namun, jika ia menambah dosanya, maka titik hitam itu akan bertambah hingga menguasai hatinya. Kalau sudah demikian, itulah ‘ar-raan’ (bintik hitam yang menguasai/menutup hati) yang Allah sebutkan dalam al-Qur’an: "Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka perbuat telah menutup hati mereka". (QS. Al-Muthaffifin:14). (HR. Ahmad).

Hati adalah raja bagi anggota tubuh yang lain. Jika baik hatinya, maka anggota tubuh yang lain akan baik.

أَلَا وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ أَلَا وَهِيَ الْقَلْبُ


"Ingatlah bahwa di dalam jasad terdapat segumpal daging. Jika baik, maka baiklah seluruh jasad. Jika rusak, maka rusaklah seluruh jasad. Ketahuilah, bahwa (segumpal daging) itu adalah Hati". (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Karena itu, setiap pasangan rumah tangga baik suami maupun istri wajib menjernihkan hati dengan istighfar . Sebab hal itu adalah suatu manfaat yang sangat besar. Manfaat tersebut bisa dicapai dengan Istighfar. Sebaliknya, hati yang kotor dengan dosa, akan susah menerima nasihat dari Al Qur’an dan Sunnah Rasul Shallallaahu alaihi wa sallam. Sesuatu yang haq akan dinilai bathil, dan yang bathil akan ternilai haq. Parameter penilaian menjadi terbalik.

Lebih penting dari itu semua: kejernihan dan keselamatan hati adalah penentu kesuksesan saat bertemu dengan Allah nanti pada hari kiamat :

يَوْمَ لَا يَنْفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُ(88) إِلَّا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ (89)


Di hari yang tidak bermanfaat (lagi) harta ataupun anak. Kecuali yang datang menghadap Allah dengan hati yang selamat. (Q.S asy-Syu’araa’:88-89).

Semoga semua keluarga muslim diberi taufik hidayah dan dampuni semua dosanya. Semoga Allah memaafkan semua kesalahanya dan merimalah semua amal salihnya.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)