Khasiat Surat At-Takatsur, Salah Satunya Mengobati Sakit Kepala

Selasa, 05 September 2023 - 16:46 WIB
loading...
Khasiat Surat At-Takatsur, Salah Satunya Mengobati Sakit Kepala
Bermanfaat bagi orang yang terkena sakit  kepala jika dibacakan kepadanya. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat At-Takatsur , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan bermanfaat bagi orang yang terkena sakit kepala jika dibacakan kepadanya.



Dalam Tafsirul Burhan disebutkan bahwa Abi Abdullah berkata: “Barangsiapa yang membaca Surat At-Takatsur di dalam salat fardu-nya, maka Allah mencatat untuknya pahala seperti seratus syahid. Barangsiapa yang membacanya dalam salat sunah, maka Allah mencatatnya pahala lima puluh syahid, dan empat puluh baris malaikat mendirikan salat bersamanya, Insya Allah.”

Disebutkan pula bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat At-Takatsur), maka Allah tidak akan menghisabnya atas nikmat yang diberikan kepadanya selama di dunia. Dan barangsiapa yang membacanya ketika turun hujan, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.”

Dalam kitab yang sama disampaikan bahwa Ash-Shidiq berkata: “Barangsiapa yang membacanya (Surat At-Takatsur) di waktu turun hujan, maka Allah mengampuni (dosa) nya, dan barangsiapa yang membacanya di waktu salat Asar, maka ia berada di dalam perlindungan Allah sampai terbenamnya matahari di hari kedua, dengan izin Allah.”



Sedangkan dalam Biharul Anwar dinyatakan bahwa Ibnu Umar telah berakta bahwa Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang mampu membaca seribu ayat setiap hari?” Para sahabat menjawab, “Siapa yang mampu membaca seribu ayat?” Baginda menjawab, “Seseorang yang membaca Surat At-Takatsur.”

Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca Surat At-Takatsur ketika tidur, maka ia dilindungi dari fitnah kubur dan Allah juga menjaganya dari keburukan malaikat Munkar dan Nakir.”

At-Takatsur sendiri artinya adalah “bermegah-megahan”. Surat yang terdiri atas 8 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Kautsar. Ia diberi nama At-Takatsur karena merujuk pada lafaz at-takatsur yang terdapat pada ayat pertama dari surat ini.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)