Jarang Diketahui, Ini Keutamaan Jual Beli Setelah Sholat Jumat

Jum'at, 08 September 2023 - 21:37 WIB
loading...
Jarang Diketahui, Ini Keutamaan Jual Beli Setelah Sholat Jumat
Suasana pasar di Tarim Yaman seusai orang-orang melaksanakan sholat. Pasar ini tutup apabila adzan sholat dikumandangkan. Foto/dok Cahnnel YouTube Seif Jay
A A A
Hari Jumat adalah hari yang sangat berkah dan mulia. Banyak Hadis menerangkan keutamaan Jumat menunjukkan bahwa hari tersebut sangat agung melebihi hari-hari lainnya.

Salah satu syariat yang diwajibkan pada hari Jumat adalah bersegera menunaikan sholat Jumat. Hal ini diperintahkan langsung dalam Al-Qur'an sebagaimana firman-Nya:

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (9) فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (10)}

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila sholat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." (QS Al-Jumu'ah Ayat 9-10)

Keutamaan Jual Beli Setelah Sholat Jumat
Setelah sholat Jumat ditunaikan, kaum mukmin diizinkan oleh Allah untuk melakukan jual beli. Ternyata di dalamnya terdapat hikmah dan keutamaan.

Melakukan transaksi jual beli setelah sholat Jumat termasuk perkara yang sangat berkah. Diriwayatkan oleh sebagian ulama Salaf bahwa, "Barang siapa yang melakukan jual beli pada hari Jumat sesudah menunaikan sholat Jumat, maka Allah akan memberkahi jual belinya sebanyak 70 kali, karena ada firman Allah mengatakan: 'Apabila telah ditunaikan sholat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Allah'. (Al-Jumu'ah: 10)

Dikisahkan, Irak ibn Malik apabila telah selesai dari sholat Jumatnya, beliau berdiri di pintu masjid, lalu berdoa:

اللَّهُمَّ إِنِّي أجبتُ دعوتَك، وصليتُ فريضتك، وانتشرت كما أمرتني، فَارْزُقْنِي مِنْ فَضْلِكَ، وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ


Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku menyukai seruan-Mu, dan aku telah kerjakan salat yang Engkau fardukan serta aku akan menebar sebagaimana yang telah Engkau perintahkan, maka berilah aku rezeki dari karunia-Mu, dan Engkau adalah sebaik-baik Pemberi rezeki." (tafsir Ibnu Katsir)

Itu sebabnya muslim yang melakukan transaksi jual beli setelah sholat Jumat diperintahkan agar banyak mengingat Allah. Bahkan dalam Hadis disebutkan bahwa orang yang berdoa ketika masuk pasar akan mendapat banyak keutamaan.

"مَنْ دَخَلَ سُوقًا مِنَ الْأَسْوَاقِ فَقَالَ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ كُتبت لَهُ ألفُ أَلْفِ حَسنة، ومُحي عَنْهُ ألفُ أَلْفِ سَيئة"

Artinya: "Barang siapa yang memasuki sebuah pasar, lalu mengucapkan, "Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nyalah semua Kerajaan dan segala puji, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu, " maka Allah akan mencatat baginya satu juta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta keburukan (dosa)."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5711 seconds (0.1#10.140)