7 Adab Makan Sesuai Kebiasaan Rasulullah SAW

Senin, 11 September 2023 - 10:12 WIB
loading...
A A A
مَنَ أَكَلَ طَعَاماً وَقَالَ: اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنِيْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ، غُفِرَ لَهُ مَاتَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ


“Barang siapa sesudah selesai makan berdo’a: ‘Alhamdulillaahilladzi ath‘amani hadza wa razaqqaniihi min ghairi haulin minni walaa quwwatin (Segala puji bagi Allah yang telah memberi makanan ini kepadaku dan yang telah memberi rizki kepadaku tanpa daya dan kekuatanku),’ niscaya akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (Hadits shahih diriwayatkan oleh Abu Dawud)

7. Mendahulukan makan daripada salat jika makanan telah dihidangkan

Termasuk adab makan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau selalu mendahulukan makan dari pada shalat, jika makan telah dihidangkan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila makan malam telah dihidangkan dan shalat telah ditegakkan, maka mulailah dengan makan malam dan janganlah tergesa-gesa (pergi shalat) sampai makanmu selesai.” (HR. Muttafaq ‘alaih)

Mengapa Rasulullah menganjurkan demikian? Salah satu maksud syariatnya adalah agar supaya hati terasa tenang, khusyuk, dan tidak memikirkan makanan saat menegakkan salat. Yang menjadi pertimbangan adalah tingkat rasa lapar yang dirasakan. Jika rasa lapar sangat terasa dan makanan telah dihidangkan hendaknya mendahulukan makan. Namun jika lapar tidak begitu terasa, maka lebih utama untuk menegakkan salat, lalu setelah itu menyantap makanan yang telah dihidangkan.

Itulah adab-adab makan yang perlu diperhatikan oleh setiap muslim dan diajarkan kepada generasi muda umat Islam.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)